RESPONSE OF STUDENTS OF EDUCATION FACULTY OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCES STATE UNIVERSITY OF SURABAYA REGARDING THE FIRST DEBATE OF THE 2024 PRESIDENTIAL ELECTION
DOI:
https://doi.org/10.26740/kmkn.v13n1.p35-48Kata Kunci:
Respon, Mahasiswa kependidikan, Debat pertama pemilihan umum 2024Abstrak
Pemilihan presiden tahun 2024 memiliki perbedaan dengan pemilihan umum sebelumnya, yang menimbulkan berbagai respon dari kalangan masyarakat terutama mahasiswa kependidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain fenomenologi. Informan penelitian ini adalah mahasiswa kependidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Surabaya yang terdiri dari S1 Pendidikan Geografi, S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan S1 Pendidikan Sejarah. Fokus penelitian ini adalah respon yang diberikan oleh informan penelitian terkait debat pertama pemilihan presiden tahun 2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa kependidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Surabaya dalam merespon debat pertama pemilihan presiden tahun 2024 ini dilakukan dengan memberikan pendapatnya baik secara langsung maupun secara virtual. Terdapat beberapa cara mahasiswa kependidikan dalam merespon debat pertama pemilihan presiden 2024 yaitu dengan pewacanaan diskusi secara terbuka dan pewacanaan diskusi melalui grup WhatApps. Terdapat beberapa mahasiswa menanggapi debat tersebut secara berdiskusi terbuka dengan keluarga dan teman. Dan secara diskusi melalui grup WhatApps dilakukan dengan keluarga dan temannya terkait isu-isu debat pertama pemilihan presiden tahun 2024 yang sedang dibahas.
Unduhan
Referensi
Annur, S. (2020) “Respon Masyarakat Terhadap Sertifikasi Ulama di Kota Palembang,” BMC Microbiology, 17(1), hal. 1–14. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.biotechadv.2018.09.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.bbamem.2015.10.011%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27100488%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26126908%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cbpa.2017.03.014%0Ahttps://doi.org/.
Citra Widayanti dan Yulita Nilam Fridiyanti (2024) “Analisis Pengaruh Debat Calon Presiden 2024 Pertama Terhadap Elektabilitas Calon Presiden Perspektif Pandangan Masyarakat,” Journal of Social and Economics Research, 5(2), hal. 1720–1731. doi: 10.54783/jser.v5i2.259.
Eka Putri, N. W. dan Pratyaksa, I. G. T. (2023) “Analisis Isi Pesan Pro-Kontra Pengguna Instagram terhadap Berita Hak Merek Citayam Fashion Week,” Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), hal. 143–150. doi: 10.37715/calathu.v4i2.3126.
Emilsyah, N. (2021) “Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online the Role of Mass Media in Facing Online Media Attacks,” MAJALAH SEMI ILMIAH POPULER KOMUIKASI MASSA Section, 2(1), hal. 51–64.
Hartaji (2022) “Perilaku Mahasiswa Jurusan Pendidikan Dalam Berpolitik,” hal. 17.
Jannah, F. dan Sulianti, A. (2021) “Perspektif Mahasiswa sebagai Agen Of Change melalui Pendidikan Kewarganegaraan,” ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), hal. 181–193. doi: 10.21154/asanka.v2i2.3193.
Juwita, R., Roza, N. dan Mulkhairi, I. (2019) “Konsep dan Peranan Agen Perubahan,” Makalah Ilmiah - Universitas Negeri Padang, 1(1), hal. 1–3.
Kartini, D. S. (2019) “Serial Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019,” Serial Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 PERIHAL PENYELENGGARAAN KAMPANYE, hal. 81.
Kiptiah, M. (2019) “Respon Kognitif, Afektif dan Konatif Pegawai Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap Minat Berasuransi Syariah,” Skripsi, hal. 1–83.
Linda, I. dan Purwaningsih, D. I. (2024) “Modalitas Intensional Prabowo Subianto dalam Debat Pertama Calon Presiden Tahun 2024,” Bedande’: Journal of Language & Literature, 1(1), hal. 1. doi: 10.26418/bedande.v1i1.79259.
Maulana, M. et al. (2023) “Relevansi kompetensi guru menurut Ibn Jamaah Al Kinani dengan UU RI No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen,” … Tarbawiyah: Journal …, 1(2), hal. 1–4. doi: 10.32832/idarah.v4i1.5802.
Najirah, C., Nugraha, D. dan Saleh, M. (2021) “Kegelisahan Mahasiswa Dengan Kondisi Lapangan Kerja,” Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), hal. hal. 41-47. Tersedia pada: https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesst/article/view/237/200.
Nanda, D. (2022) “Mahasiswa sebagai agen of change dalam berpolitik,” hal. 11–32.
Rahayu, L. F. et al. (2024) “Pengaruh Debat Capres Dalam Merebut Pemilih Mengambang Dalam Pemilu 2024,” Journal of Governance and Public Administration, 1(2), hal. 127–132. doi: 10.59407/jogapa.v1i2.487.
Saepudin, S. et al. (2023) “Memahami Peran Pemimpin sebagai Agen Perubahan,” Jurnal Syntax Admiration, 4(1), hal. 84–98. doi: 10.46799/jsa.v4i1.509.
Sahala, K. et al. (2023) “Perilaku Mahasiswa Dalam Menonton Tayangan Channel Youtobe Cretivox (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Singaperbangsa Karawang),” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Mei, 9(9), hal. 584–592. Tersedia pada: https://doi.org/10.5281/zenodo.7969507.
Subiyanto, A. E. (2020) “Pemilihan Umum Serentak yang Berintegritas sebagai Pembaruan Demokrasi Indonesia,” Jurnal Konstitusi, 17(2), hal. 355. doi: 10.31078/jk1726.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

