PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENGUATKAN KARAKTER INTEGRITAS UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN KELAS ANTI PERUNDUNGAN DI SMAN 1 RENGEL

Penulis

  • Deeva Putri Salsabilla Universitas Negeri Surabaya
  • Raden Roro Nanik Setyowati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v13n1.p93-101

Kata Kunci:

Peran Guru, Integritas, Perundungan

Abstrak

Kedudukan yang dimiliki oleh guru adalah sebagai tenaga profesional dan agen dari pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Pendidikan Pancasila serta mengidentifikasi hambatan dalam menguatkan karakter integritas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Landasan teori pada penelitian ini adalah teori Pendikan Karakter oleh Thomas Lickona. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Pancasila dalam menguatkan karakter integritas untuk menciptakan lingkungan kelas anti perundungan di SMAN 1 Rengel yaitu, 1) mengintegrasikan pemahaman tentang nilai integritas, 2) mengaitkan nilai integritas dengan materi Pendidikan Pancasila, 3) memberikan motivasi kepada peserta didik, 4) tidak membeda-bedakan peserta didik, dan 5) membentuk kerja kelompok. Adapun hambatan yang dihadapi guru Pendidikan Pancasila yaitu, 1) faktor interna yaitu adanya rasa superioritas dalam diri peserta didik, 2) faktor eksternal yang terdiri faktor yang terjadi selama proses pembelajaran yaitu peserta didik tidak memperhatikan guru Pendidikan Pancasila.  Dari lingkungan keluarga (berkaitan dengan hubungan yang terjalin ketika berada bersama keluarga). Dan lingkungan sosial (berkaitan dengan kemajuan teknologi (sosial media) dan hubungan pertemanan).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adiyono, A., dkk. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 6 (3). 649-658.

Agustina, N. W., dkk. (2022). Pendampingan Siswa dalam Upaya Pencegahan Bullying di Sekolah. Jurnal Peduli Masyarakat. 4 (4). 597-602.

Aminah, A., dkk. (2023). Pendidikan Karakter dalam Upaya Mencegah Perilaku Bullying pada Anak-Anak di Dusun Limpana Desa Rantau Bujur. Jalujur: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2 (1). 07-14.

Andriyani, J. (2019). Strategi Coping Stres dalam Mengatasi Problema Psikologis. At-Taujih: Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), 37–55.

Biyau, H. (2023). Peran Guru PPKn dalam Penguatan Pendidikan Karakter Integritas Sebagai Upaya Pencegahan Bullying di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong. (Skripsi Sarjana, Universitas Pendidikan Muhammadiyah). http://eprints.unimudasorong.ac.id

Dewi, A. P. (2023). Peran Guru PPKn terhadap Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Penerapan Nilai Nilai Pancasila (Studi Kasus Kelas X di SMA Negeri 7 Bandung). (Skripsi Sarjana, Universitas Pasundan). http://repository.unpas.ac.id

Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Alfabeta: Bandung.

Fadil, K. (2023). Peran Guru dalam Penanaman Sikap Anti Bullying Verbal dalam Pembelajaran PKn di Sekolah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 6 (1). 123-133.

Garini, N., A., dkk. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter sebagai Upaya Mencegah dan Mengurangi Kasus Bullying. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora. 2 (4). 520-528.

Hafizha, R. (2021). Pentingnya Integritas Akademik. Journal of Education and Counseling (JECO). 1 (2). 115-124.

Jamal, N. A., & Fatmawati, S. (2021). Budaya Integritas dalam Upaya Penguatan Karakter Peserta Didik SMA Negeri 3 Metro. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman. 7(02), 142-154.

Lickona, Thomas. 2013. Educating for Charakter, Mendidik Untuk Membentuk Karakter, Terj. Juma Abdu Wamaungo, cet. Ke-3, Jakarta: Bumi Aksara.

Loloagin, G., dkk. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter menurut Perspektif Thomas Lickona Ditinjau dari Peran Pendidik PAK. Journal on Education. 5 (3), 6012-6022.

Maemunah, M., dkk. (2023). Peran Guru PPKn Melalui Pembimbingan Intensif sebagai Upaya Pencegahan Bullying di Sekolah. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 11 (1). 43-50.

Maramis, F., dkk. (2023). Penguatan Karakter Integritas sebagai Pencegahan Bullying di Madrasah Aliyah Hi. Hayyun Salumpaga. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 6 (10). 8066-8071.

Mardhiah, A., dkk. (2023). Penguatan Karakter Diri sebagai Kunci Mengatasi Perundungan di Lingkungan SMAN 7 Lhokseumawe. Jurnal Malikussaleh Mengabdi. 2(2). 353-357.

Muhiddinur, M. (2018). Guru: Suatu Kajian Teoritis dan Praktis. Anugrah Utama Raharja: Bandar Lampung.

Naiborhu, M., & Manullang, M. (2022). Upaya Guru PKn dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMA Swasta Immanuel Kelurahan Madras Hulu Kecamatan Medan Polonia Kota Medan. Jurnal Darma Agung. 30 (1). 384-414.

Suwardani. (2020). "Quo Vadis" Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. UNHI Press: Denpasar-Bali.

Suyata, P., & Yudhiantoro, I. (2016). Modul Materi Integritas untuk Umum. Jakarta Selatan: Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat.

Tuhuteru, L., dkk. (2023). Urgensi Penguatan Nilai Integritas dalam Pendidikan Karakter Siswa. Journal on Education. 5 (3). 9768-9775.

Trilisiana, N., dkk. (2023). Pendidikan Karakter. Selembar Karya Pustaka: Kediri.

Oktavia, R., & Dewi, S. F. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di SMAN 7 Padang. Journal of Civic Education. 4 (1). 81-86.

Pangalila, T., Pasandaran, S., & Essing, A. C. (2022). Penguatan Karakter Integritas Siswa oleh Guru PKn Sebagai Upaya Pencegahan Bullying di SMA Negeri 1 Moronge Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Paradigma: Journal of Sociology Research and Education. 3 (2). 149-158.

Prasetyo, A. (2021). Bullying di Sekolah dan Dampaknya Bagi Masa Depan Anak. Jurnal el-Tarbawi. 4 (1). 19-26.

Redjeki, D. P. S., & Heridiansyah, J. (2013). Memahami Sebuah Konsep Integritas. Jurnal STIE Semarang. 5 (3). 1-14.

Saiful. (2021). Rekontruksi Pendidikan Anak Berbasis Karakter di Era Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 8(1). 20-30.

Sri Zulfida. (2020). Pendidikan Karakter dalam Buku Ajar. Sulur Pustaka: Kepulauan Riau.

Subawa, P., & Mahartini, K. (2021). Konsentris Paradigma Pendidikan Karakter Thomas Lickona Pada Sekolah. Haridracarya: Jurnal Pendidikan Agama Hindu. 1 (2). 149-160.

Sudirman, N., & Maemunah, M. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pengentasan Aksi Bullying di SMA Negeri 9 Gowa. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika. 1 (4). 89-100.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsuri, S.A. (2021). Pendidikan, Guru, dan Pembelajaran. PT. Nas Media Indonesia: Makassar.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003

Viningsih, T. V., & Listyaningsih, L. (2020). Peran Guru PPKn dalam Pembinaan Karakter Peduli Sosial Peserta Didik Di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan. 8(2), 826-840.

Wibowo, A., dkk. (2022). Pengetahuan Dasar Antikorupsi dan Integritas. Media Sains Indonesia: Bandung.

Diterbitkan

2025-07-16

Cara Mengutip

Deeva Putri Salsabilla, & Raden Roro Nanik Setyowati. (2025). PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENGUATKAN KARAKTER INTEGRITAS UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN KELAS ANTI PERUNDUNGAN DI SMAN 1 RENGEL. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 13(1), 93–101. https://doi.org/10.26740/kmkn.v13n1.p93-101
Abstract views: 73 , PDF Downloads: 73