DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KETERLIBATAN ANAK BERMAIN DI KAMPOENG DOLANAN KELURAHAN SIMOKERTO KOTA SURABAYA

Penulis

  • Ayunda Mahdalena Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Oksiana Jatiningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v13n3.p219-232

Kata Kunci:

Dukungan Orang Tua, Bermain, Permainan Tradisional

Abstrak

Ketergantungan anak pada game online terjadi di Kelurahan Simokerto Kota Surabaya, padahal memiliki banyak dampak negatif. Hal tersebut membuat orang tua berusaha melepaskan ketergantungan anak dari game online dengan memanfaatkan keberadaan Kampoeng Dolanan. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap alasan orang tua di Kelurahan Simokerto memberikan dukungan dan mendeskripsikan wujud dukungan orang tua terhadap ketelibatan anak bermain di Kampoeng Dolanan. Teori yang digunakan adalah Teori Dukungan Sosial dari James S. House. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Fokus penelitian adalah alasan dan wujud dukungan orang tua di Kelurahan Simokerto agar anak bermain di Kampoeng Dolanan. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi moderat dan wawancara mendalam. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga alasan orang tua memberikan dukungan agar anak bermain di Kampoeng Dolanan yakni: (1) mengalihkan perhatian anak dari gadget; (2) membentuk keterampilan sosial; (3) mengenalkan anak dengan permainan tradisional. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat berbagai wujud dukungan orang tua di Kelurahan Simokerto yang dapat dikelompokkan sesuai Teori Dukungan Sosial James S. House. Pertama, dukungan emosional ditemukan ketika orang tua memberikan izin dan memerintahkan anak bermain di Kampoeng Dolanan. Kedua, dukungan instrumental ditemukan ketika orang tua memberikan uang saku, transportasi, menemani, dan mengawasi anak bermain. Ketiga, dukungan informasi ditemukan ketika orang tua mengajarkan cara bermain permainan tradisional dan memberikan nasihat. Keempat, dukungan penghargaan ditemukan ketika orang tua memberikan pujian setelah anak bermain di Kampoeng Dolanan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa keberagaman wujud dukungan orang tua dapat dikarenakan kesibukan dan jarak rumah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Albar, M., Syafi'ih, M. & Firdausi, R., 2023. Revitalisasi Kampung Dolanan sebagai Upaya Pelestarian Permainan di Desa Sanankerto Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Tepis Wiring: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), pp. 57-64.

Ananda, Z. P. & Ramadan, Z. H., 2023. Dampak Negatif Penggunaan Gadget pada Perilaku Sosial Anak di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), pp. 5180-5197.

Darmaningrum, N. & Sari, M. M. K., 2018. Upaya Komunitas Kampoeng Dolanan dalam Menanamkan Nilai Gotong Royong pada Anak melalui Pelestarian Permainan Tradisional. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 6(1), pp. 16-30.

Diniaty, A., 2017. Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, III(1), pp. 90-100.

Djerubu, D. et al., 2024. Psikologi Kesehatan. 1 ed. Sukoharjo: CV. Pradina Pustaka Grup.

Fana, F. & Jatiningsih, O., 2020. Kontribusi Permainan Tradisional dalam Pembentukan Karakter Anak di SDN Simokerto V/138 Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 8(2), pp. 168-184.

Halawa, A., 2021. Kecanduan Game Online pada Remaja dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua. Jurnal Keperawatan, 1(2), pp. 38-53.

Hartati, T., 2019. Peran Orang Tua dalam Membina Akhlak Anak Usia 5-10 Tahun (Studi di Desa Pendingan Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas). Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), pp. 139-151.

Hermawan, I., 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode. 1 ed. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Kusumastuti, A. & Khoiron, A. M., 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang : Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Lukman, I. R. & Ulfa, A. M., 2020. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kimia Siswa SMA melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 7(2), pp. 157-164.

Mazid, S., Sundawa, D., Prasetyo, D. & N., 2022. Penguatan Karakter Kewarganegaraan melalui Kampung Dolanan Nusantara Borobudur. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaran , 7(2), pp. 47-52.

Muliana, Nufus, H., Nuraina & Zahara, S. R., 2021. Pembinaan pada Orang Tua untuk Mengatasi Kecanduan Anak terhadap Gadget melalui Literasi Media di Desa Padang Sakti Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe. Jurnal KRIDA CENDEKIA, 1(5), pp. 30-34.

Palmin, B., Angkur, M. F. M. & Anwar, M. R., 2023. Pelatihan Mendesain Kegiatan Main Berbasis Metode Proyek bagi Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 2, pp. 489-503.

Prasetya, Y. & S., 2023. Permainan Tradisional sebagai Sumber Nilai Karakter bagi Anak di Kelurahan Simokerto Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(1), pp. 272 - 288.

Purwanto, A., 2022. Konsep Dasar Penelitian Kualitatif: Teori dan Contoh Praktis. 1 ed. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Saefullah, A. et al., 2023. Peran Orang Tua, Masyarakat dan Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 03 Sukadana. Journal on Education, Vol. 5, No. 4, pp. 13057-13066.

Salindri, Y. A., Kusumaningrum, H., Deskarina, R. & Saputri, L. D., 2023. Pelestarian Permainan Tradisional Nusantara melalui Kampoeng Dolanan Nusantara. Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan , 5(2), pp. 242-248.

Sarason, I. G. & Sarason , B. R., 2013. Social Support: Theory, Research and Applications. 4 ed. Seattle, Washington, USA: Springer Netherlands.

Setyawan, F. E. B., 2019. Pendekatan Pelayanan Kesaehatan Dokter Keluarga (Pendekatan Holistik Komprehensif). 1 ed. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Sholikhah, A., 2020. Peran keluarga sebagai tempat pertama sosialisasi budi pekerti Jawa bagi anak dalam mengantisipasi degradasi nilai-nilai moral. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender, dan Anak, XV(1), pp. 111-126.

Surja, S., V. & Muryono, T. T., 2023. Perancangan Aplikasi Monitoring terhadap Kinerja Murid Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. INFOTECH: Journal of Technology Information, IX(1), pp. 43-50.

Suwendra, I. W., 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Bali: NILACAKRA PUBLISHING HOUSE.

Swarjana, I. K., 2022. Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan-Lengkap dengan Konsep Teori, Cara Mengukur Variabel, dan Contoh Kuisioner. 1 ed. Yogyakarta: Penerbit ANDI (Anggota IKAPI).

Ulfadhilah, K., 2021. Strategi Pembelajaran dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Online Anak Usia Dini. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender, dan Anak, Vol. 16, No. 1, pp. 113-131.

Wahyuni, A. T. et al., 2023. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Wajib Belajar 12 Tahun Melalui Seminar Pendidikan di Desa Jayasari. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), Vol. 4, No.1, pp. 513-520.

Zahroh, I. A. & Jatiningsih, O., 2019. Proses Berinteraksi Anak-Anak Pengunjung Kampoeng Dolanan di Kenjeran Kelurahan Simokerto Kecamatan Simokerto Kota Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 7(1), pp. 46-60.

Diterbitkan

2025-10-05

Cara Mengutip

Mahdalena Putri, A., & Oksiana Jatiningsih. (2025). DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KETERLIBATAN ANAK BERMAIN DI KAMPOENG DOLANAN KELURAHAN SIMOKERTO KOTA SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 13(3), 219–232. https://doi.org/10.26740/kmkn.v13n3.p219-232
Abstract views: 44 , PDF Downloads: 53