STRATEGI GURU PENDAMPING KHUSUS (GPK) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS (PDBK) KELAS SUMBER DI SMPN 43 SURABAYA

Penulis

  • Aghis Arwa Bekti Universitas Negeri Surabaya
  • Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v13n3.p270-279

Kata Kunci:

Strategi, Guru pendamping khusus, mandiri, peserta didik berkebutuhan khusus di kelas sumber

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru pendamping khusus dalam meningkatkan karakter mandiri peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) kelas sumber di SMPN 43 Surabaya serta tantangan yang dihadapi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teori belajar sosial Albert Bandura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain fenomenologi. Informan penelitian adalah GPK kelas sumber di SMPN 43 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang dilakukan GPK dalam meningkatkan karakter mandiri PDBK di antaranya: (1) pembiasaan dalam aktivitas sehari-hari; (2) pengembangan kemandirian melalui pemodelan berupa vokasional skill dan bina diri; (3) bimbingan dalam pembelajaran kontekstual melalui kegiatan kelas dan luar kelas; dan (4) kolaborasi dengan orang tua atau wali peserta didik. Tantangan yang dihadapi GPK meliputi perbedaan kemampuan dan kebutuhan peserta didik serta kurangnya dukungan dari lingkungan luar sekolah. Teori Albert Bandura menjelaskan bahwa model perilaku GPK memengaruhi PDBK melalui empat proses, yaitu: (1) perhatian (attention), saat PDBK memperhatikan perilaku GPK; (2) retensi, yaitu mengingat perilaku GPK; (3) reproduksi, yaitu meniru perilaku GPK dalam meningkatkan karakter mandiri; dan (4) motivasi, yaitu dorongan dari GPK agar PDBK terus berusaha meningkatkan karakter mandiri dan mengulang perilaku yang telah diamati. Keempat proses ini menjadi dasar dalam memahami bagaimana strategi GPK membentuk karakter mandiri PDBK secara bertahap dan berkelanjutan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amka, A. (2019). Pendidikan Inklusif bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Kalimantan Selatan. Pendidikan Inklusif bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Kalimantan Selatan, 4(01), 86-101.

Faizal, P. A., & Hartanto, E. (2024). Komunikasi Interpersonal Antara Guru dengan Anak Berkebutuhan Khusus dalam Membangun Kemampuan Berkomunikasi di Sekolah Alam Cikeas. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(01), 54-62.

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26-42.

Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.

Haryono, S. E., Anggraini, H., & Muntomimah, S. (2018). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian dan kemampuan regulasi emosi anak usia dini. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(01).

Komala, Hj. 2015. Mengenal dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua dan Guru, Tunas Siliwangi. Vol.1(1):31-45

Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186-202.

Miarso, Y. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana.

Pasal 28C ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945 (Indonesia) https://berkas.dpr.go.id/puspanlakuu/keterangan/keterangan-public-496.pdf

Fatimah, A.S. 2020. Deteksi Residu Antibiotik dalam Minuman Susu Aneka Rasa Menggunakan Metode Yogurt Test. Tesis. Bogor: Fakultas Kedokteran Hewan IPB.

Smith, J. 1975, A Source of Information. Dalam W. Jones, ed., 2000, One Hundred and One Ways to Find Information about Health. Oxford: Oxford University Press. Hal. 44-68.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan Karya Ilmiah. Makalah disampaikan pada Pelatihan Penelitian bagi Guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo.

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah. Dalam Ali Saukah dan M.G. Waseso, Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.

UNESA. 2023. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Violine, Melody. 2009. Gaya Bahasa Teenlit: Pilihan dan Pembentukan Kata. http://- nyanyianbahasa.wordpress.com. Diunduh 28 November 2020.

Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

Diterbitkan

2025-10-05

Cara Mengutip

Bekti, A. A., & Listyaningsih. (2025). STRATEGI GURU PENDAMPING KHUSUS (GPK) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER MANDIRI PADA PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS (PDBK) KELAS SUMBER DI SMPN 43 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 13(3), 270–279. https://doi.org/10.26740/kmkn.v13n3.p270-279
Abstract views: 24 , PDF Downloads: 32