PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA SEDERHANADENGAN STRATEGI REKA CERITA BERMEDIA VCDBAGI ANAKTUNAGRAHITA RINGAN KELAS VDI SLB PUTRA MANDIRI SIDOARJO

  • AINUN IKA FITRIATI

Abstract

Anak Tunagrahita Ringan di SLB Putra Mandiri Tarik mengalami
kesulitan dalam menulis cerita sederhana .Sehingga rata-rata hasil pembelajaran
Bahasa Indonesia dalam menulis cerita sederhana sangat rendah di bawah KKM .
Supaya anak tunagrahita ringan dapat menulis cerita sederhana , maka perlu
model pembelajaran yang menarik yaitu Model reka cerita yang bermedia VCD
Pembelajaran . Sehingga anak mampu mnguasai konsep dalam menulis cerita
sederhana melalui reka cerita dimana anak ditunjukkan beberapa gambar seri
tentang kehidupan sehari-hari lalu anak bias memahami makna dari gambar
tersebut.
Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerita sederhana anak tuna
grahita kelas V SLB Putra Mandiri Tarik Sidoarjo.
2. Untuk membuktikan peningkatan kemampuan menulis cerita sederhana
anak tunagrahita dengan menggunakan strategi reka cerita bermedia VCD
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan
mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dalam Arikunto: dkk.
Dalam ( Aqib,Z, dkk 2009 :3 )Penelitian TindakanKelas adalh penelitian yang
dilakukan oleh guru dikelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk
memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar anak meningkat. Sedangkan
Suharjono ( 2007:58 ) mendifinisikan Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian
tindakan yang diakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki / meningkatkan mutu
praktek pembelajaran.
Setelah diberikan intervensi melalui strategi Reka Cerita yang bermedia
Video Compact Disc (VCD) nilai anak bernama AA 95, II 80, dan SA 70 seSF
dan AK 60. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai tertinggi diperoleh
oleh AA, II, dan SA serta AK karena mereka dalam kegiatan intervensi banyak
memperoleh informasi yang sesuai dengan kebutuhannya
Dari nilai rata-rata hasil pra tindakan kemampuan menulis cerita sederhana
sebelum diberikan intervensi melalui strategi reka cerita yang bermedia Video
Compact Disc (VCD) diperoleh hasil rata-rata 40 %, sedangkan setelah diberikan
intervensi melalui strategi reka cerita yang bermedia Video Compact Disc (VCD)
nilai rata-rata kemampuan dalam menulis cerita sederhana adalah 76,25.
Kata Kunci : Strategi reka cerita , menulis cerita sederhana ,tunagrahita ringan.

Published
2013-02-03
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 188