PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE JARIMATIKA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IV DI SLB SARIWIYATA WLINGI - BLITAR

  • DESI NINGSIH

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan sarana yang sangat penting bagi manusia dalam memecahkan masalah kehidupan sehari – hari. Dari hasil observasi siswa tunarungu kelas IV SLB Sariwiyata Wling – Blitar mengalami kesulitan belajar matematika khususnya operasi hitung perkalian. Sehingga perlu adanya upaya pemecahan dengan menggunakan metode jarimatika. Peneliti ingin menerapkan metode jarimatika ini pada siswa tunarungu, karena metode ini sesuai dengan karakteristik anak tunarungu yang visualisasi dan berisyarat jari dalam proses pembelajarannya. Hasil belajar siswa tunarungu kelas IV sebelum diintervensi (pratindakan) mencapai nilai rata – rata 37,5% sehingga dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 60.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peningkatan hasil belajar hitung perkalian antara sebelum diintervensi dan sesudah diintervensi dalam pembelajaran Matematika melalui metode jarimatika pada siswa tunarungu kelas IV di SLB Sariwiyata Wlingi - Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan penelitian deskripstif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Dari hasil penelitian pada siklus I aktivitas siswa hanya mencapai hasil rata – rata 46,5%. Hasil belajar siswa tentang operasi hitung perkalian mencapai hasil rata – rata 53,7%. Kegiatan observasi guru mencapai hasil rata – rata 65,3%. Setelah siklus II menunjukkan peningkatan aktivitas siswa mencapai hasil rata – rata 79%. Hasil belajar siswa tentang operasi hitung perkalian mencapai hasil rata–rata 82,5%. Kegiatan observasi guru mencapai hasil rata – rata 80,7%. Hal ini menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa diatas KKM yang ditentukan yaitu 60.
Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar Matematika khususnya operasi hitung perkalian mencapai hasil rata – rata 82,5% pada siswa tunarungu kelas IV di SLB sariwiyata Wlingi - Blitar.
Kata kunci : Metode jarimatika, hasil belajar matematika

Published
2013-02-03
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 726