PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BERMEDIAVCD ANIMASI PEMBELAJARAN KATA BAGIANAK TUNAGRAHITA KELAS IIISDLBN PORONG

  • SIMPING CAHYANINGSIH

Abstract

Problem utama Anak Tunagrahita di SDLBN Juwetkenongo Porong
adalah tingkat pemahaman penguasaan kosakta sangat rendah. Hal ini dirasakan
peneliti pada saat proses pembelajaran di kelas III mengalami kesulitan dalam
menguasai kosakata yang terlihata anak tunagrahita ketika dalam pembelajaran di
kelas. Sebagian besar anak mengalami kesulitan dalam membaca dan
mengucapkan kosakata yang ada di sekitar anak. Mereka mendapat beban
tersendiri untuk mengikuti pembelajaran khususnya penguasaan kosakata.
Berpijak dari permasalahan di atas guru perlu mencarikan solusi yang dapat
membantu menyelesaikan permasalahan anak tunagrahita dalam penguasaan
kosakata yang diharapkan dapat meningkatkan penguasaan kosakata bagi anak
tersebut adalah dengan diberikannya media VCD animasi pembelajaran kata.
Terkait dengan uraian di atas, kelebihan media VCD animasi pembelajaran
kata adalah membantu guru dalam menumbuhkan pemahaman anak terhadap
materi pelajaran ( penguasaan kosakata ), sehingga dapat mengkondisikan anak
belajar secara mandiri dan meningkatkan motivasi belajar. Oleh karena itu apabila
pembelajaran penguasaan kosakata ini menggunakan media VCD animasi
pembelajaran kata, maka dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata
pada anak tunagrahita kelas. Adapun tujuan penelitian yang akan dilaksanakan
adalah untuk mendiskripsikan tingkat penguasaan kosakata anak tunagrahita di
SDLBN Juwetkenongo Porong dengan menggunakan media VCD animasi
pembelajaran kata.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang
terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus dilaksanakan 3 pertemuan
dengan hasil 55,3 % pada rata-rata siklus I dan 77% pada siklus II pertemuan 3 ,
sehingga ada peningkatan 22,3%.
Kata Kunci : Penguasaan kosakata, animasi pembelajarsan dan anak tunagrahita.

Published
2013-02-03
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 81