PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KATA DENGANMENGGUNAKAN KARTU KATA BERGAMBAR PADAANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VDI SLB NEGERI PANDAAN

  • SUNARNO

Abstract

V di SLB Negeri Pandaan guna mengatasi kesulitan menulis kata
didalam melengkapi kalimat sederhana.
Permasalahan pokok yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan media
kartu kata bergamabar untuk meningkatkan kemapuan menulis kata pada Anak Tunagrahita
Sedang kelas V di SLBV Negeri Pandaan dan apakah dengan media kartu kata bergambar
dapat meningkatkan kemampuan menulis kata pada Anak Tunagrahita Sedang kelas V di SLB
Negeri Pandaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan media kartu kata bergambar
guna meningkatkan kemampuan menulis kata pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas V di SLB
Negeri Pandaan dan untuk menganalisis penerapan media kartu kata bergambar untuk
meningkatkan kemampuan menulis kata pada anak Tunagrahita Sedang kelas V di SLB Negeri
Pandaan.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan Desain Kemmis dan
Taggart yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 6 kali pertemuan dan setiap pertemuan
memerlukan waktu 70 menit. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dalam
bentuk narasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes tulis
.
Hasil penelitian menunjukan, bahwa dengan menggunakan kartu kata bergambar
kemampuan siswa menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Ini terbukti pada siklus ke
satu mendapat nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 60. Pada siklus ke dua mendapat nilai
rata-rata yang diperoleh siswa adalah 70 dan pada siklus ke tiga nilai rata-rata yang diperoleh
siswa adalah 80.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa dengan menggunakan kartu kata
bergambar dapat meningkatkan kemampuan menulis kata pada Anak Tunagrahita Sedang kelas
V di SLB Negeri Pandaan..
Kata kunci: kartu kata bergambar, Anak Tunagrahita

Published
2013-02-03
Abstract Views: 3
PDF Downloads: 6