PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MENCARI PASANGAN ( MAKE A MATCH) UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS I DI SDLBN JUWETKENONGO PORONG SIDOARJO

  • SUNARTO

Abstract

Abstract; Hearing impairment children who became the subject in this research had obstacle in speech, either oral or written, which was caused by the minimum vocabulary mastered. The conditionproduced difficulty in learning almost all subject matter taught in the school. To solve the problem it required suitable learning strategy and could help the hearing impairment students to enrich the vocabulary step by step. One of them was cooperative learning technique of make a macth.The problem of this research was to solve the minimum vocabulary to the first class of hearing impairment children in SDLBN Juwetkenongo Porong Sidoarjo. The purpose this research was to enhance their vocabulary through cooperative learning technique of make a macth. The approach of this research was class treatmet. The research result obtained was that through cooperative learning technique of make a macth the vocabulary improvement to the first class of hearing impairment children in SDLBN Juwetkenongo Porong Sidoarjo could increase 11% of 71% in cycle 1 it increased 82% in cycle 2 and also the students activity in the class had improvent 14% of 61% in cycle 1 it increased 75% in cycly 2.Based on the research result it could be recommended that cooperative learning technique of make a match could be used as one of the strategies ti increase the vocabulary of hearning impairment children.


Abstrak; Anak tunarungu yang menjadi subyek penelitian ini mengalami hambatan dalam berbahasa, baik lisan maupun tulis yang disebabkan karena minimnya kosakata yang dikuasainya. Kondisi tersebut mengakibatkan kesulitan dalam mempelajarari hampir semua materi pelajaran yang diajarkan disekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang sesuai dan dapat membantu siswa tunarungu untuk memperkaya kosakata secara bertahab. Salah satunya adalah Pembelajaran Kooperatif teknik Mencari Pasangan (Make a Match).Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengatasi minimnya kosakata pada anak tunarungu kelas I SDLBN Juwetkenongo Porong Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kosakata mereka melalui Pembelajaran Kooperatif teknik Mencari pasangan (Make a Match). Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa melalui Pembelajaran Kooperatif teknik Mencari Pasangan (Make a Match), peningkatan kosakata pada anak tunarungu kelas I SDLBN Juwetkenongo Porong Sidoarjo dapat meningkat sebesar 11 % dari 71% pada siklus 1 meningkat menjadi 82 % pada siklus 2. Juga aktivitas siswa dalam kelas 2 mengalami peningkatan sebesar 14% dari sebelumnya 61% pada siklus 1 , meningkat menjadi 75 % pada siklus 2.Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dapat direkomendasikan bahwa Pembelajaran Kooperatif teknik Mencari Pasangan (Make a Match) bisa digunakan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kosakata anak tunarungu.
Kata kunci : Kosakata, Pembelajaran Kooperatif teknik Mencari pasangan (Make a Match )

Published
2013-02-03
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 25