PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK TUNARUNGU

  • MUHAMMAD IMAM ROFII

Abstract

Ketunarunguan mengakibatkan terhambatnya kemampuan berbahasa yang menyebabkan rendahnya kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu, sehingga untuk mengembangkan kemapuannya dibutuhkan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak. Model pembelajaran tipe CIRC dipandang sesuai dengan karakteriteristik dan kebutuhan pembelajaran membaca pemahaman anak tunarungu karena didalam langkah pembelajarannya terdapat pembentukan lingkungan kebahasaan yang aktif dan juga terdapat pemberian bantuan gambar visualiasi dari setiap materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre eksperimen dan rancangan penelitian one group pre-post test design. Subjek pada penelitian ini adalah anak tunarungu kelas VIII yang berjumlah 10 orang. Lokasi penelitian yaitu di SLB-B Dharma Wanita Kab. Sidoarjo. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan teknik analisis data statistik non parametrik menggunakan rumus uji wilcoxon match pairs test.

Hasil analaisi data menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe CIRC berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu kelas VIII di SLB-B Dharma Wanita Kab. Sidoarjo.

Kata Kunci: Model CIRC, Membaca, Anak Tunarungu

Deafness leads to inhibition of language ability which leads to low reading comprehension of deaf children, so to develop the required skill learning is in accordance with the characteristics of children. CIRC type learning model is considered in accordance with the characteristic and learning needs of reading childrens understanding of deaf because in the learning step there is the formation an active linguistic environment and also there is providing visual of each learning material. This study aims to analyze the influence of the use learning model CIRC type on the ability to read the understanding of children with hearing impairment.

This research uses quantitative approach of pre experimental research type and research design of one group pre-post test design. Subjects in this study were deaf children class VIII, amounting to 10 people. The research location is in SLB-B Dharma Wanita Kab. Sidoarjo. Data collection techniques in the form of tests with non parametric statistical data analysis techniques using the test formula wilcoxon match pairs test.

The result of data analysis shows that the use of CIRC type learning model has significant effect on reading comprehension ability of deaf children class VIII in SLB-B Dharma Wanita Kab. Sidoarjo.

Keywords: CIRC Model, Reading, Hearing impairment children

Published
2018-05-15
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 93