PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MELALUI METODE BERMAIN BERMEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I SEKOLAH LUAR BIASA

  • SITI ROMLAH
  • SRI JOEDA ANDAJANI

Abstract

ABSTRAK

Berdasarkan hasil observasi di SLB Tunas Harapan II Peterongan Jombang kelas I Tunagrahita ringan terdapat permasalahan pada kemampuan membaca awal anak yang masih berkembang optimal. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca awal melalui metode bermain dengan media kartu kata bergambar pada peserta didik Tunagrahita ringan kelas I SLB Tunas Harapan II Peterongan Jombang.

Metode penelitian menggunakan Penelitian tindakan kelas dengan pubjek penelitian anak tunagrahita ringan kelas I SLB Tunas Harapan II Peterongan Kabupaten Jombang tahun pelajaran 2017 / 2018, sebanyak 9 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada siklus. Hasil dari penelitian ini pada siklus I, aktivitas guru menunjukkan persentase 62,50% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81,25%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 81,25% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Nilai rata-rata kemampuan membaca awal pada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh persentase sebesar 55,56% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca awal pada peserta didik Tunagrahita ringan kelas I SLB Tunas Harapan II Peterongan Jombang menggunakan metode bermain bermedia kartu kata bergambar.

Kata kunci : membaca awal, metode bermain, kartu kata bergambar






Published
2018-05-28
Section
Articles
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 364