METODE DIRECT LEARNING BERBANTUAN KOTAK SORTASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN RUANG PADA ANAK TUNANETRA DI SLB

  • YENI WULAN SAFITRI
  • SRI JOEDA ANDAJANI

Abstract

Hilangnya indera penglihatan anak tunanetra menyebabkan kemampuan dalam mengenal bangun ruang rendah. Anak tunanetra kelas rendah belum mampu mengenal berbagai bentuk bangun ruang, seperti kubus, balok, tabung dan prisma segitiga. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh metode direct learning berbantuan kotak sortasi terhadap kemampuan mengenal bangun ruang anak tunanetra di SLB-A YPAB Surabaya.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pra eksperimen, dengan menggunakan rancangan penelitian “One Group pretest-postest design”. Metode pengumpulan data menggunakan tes sehingga diperoleh data hasil penelitian mengenal bangun ruang sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik uji Wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan Z hitung = 2,8 > Z tabel = 1,96 pada taraf kesalahan 5 % (pengujian dua sisi). Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode direct learning berbantuan kotak sortasi terhadap kemampuan mengenal bangun ruang pada anak tunanetra di SLB-A YPAB Surabaya.

Kata kunci : Direct learning, kotak sortasi, bangun ruang.






Published
2018-05-28
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 113