PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN LUAR BIASA DI KELURAHAN BANJARSARI KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK

  • WAHYU PUTRI RAHMAH
  • ZAINI SUDARTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan luar biasa di Kelurahan Banjarsari Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian adalah masyarakat yang berprofesi sebagai perangkat desa, masyarakat yang berprofesi sebagai guru dan masyarakat umum yang berprofesi diluar bidang pemerintahan desa dan pendidikan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan luar biasa yaitu memiliki penilaian positif dan penilaian negatif. Penilaian positif menunjukkan bahwa masyarakat memahami penyelenggaraan pendidikan luar biasa, sedangkan penilaian negatif menunjukkan bahwa masyarakat kurang memahami penyelenggaraan pendidikan luar biasa. Masing-masing profesi masyarakat menunjukkan pemahaman yang berbeda, yaitu dari lima perangkat desa tiga orang menunjukkan penilaian positif dan dua orang menunjukkan penilaian negatif, dari lima guru empat orang menunjukkan penilaian positif dan satu orang menunjukkan penilaian negatif, dan dari enam masyarakat umum tiga menunjukkan penilaian positif dan tiga menunjukkan penilaian negatif. Pemahaman masyarakat dipengaruhi oleh faktor : tingkat pendidikan, pengalaman pribadi yang berkaitan dengan pendidikan luar biasa, dan akses media informasi yang diperoleh mengenai pendidikan luar biasa.

Kata kunci : Pemahaman Masyarakat, Pendidikan Lua Biasa.



Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 162
PDF Downloads: 77