PENGARUH METODE SON RISE BERMEDIA INTERACTIVE STORYBOOK BERBASIS CAI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS DI SDN LEMAHPUTRO 1 SIDOARJO

  • AYU MARLITA BUDIASTUTIK
  • WIWIK WIDAJATI

Abstract

Anak autis memiliki hamabatan dalam berkomunikasi secara lisan. Pada aspek kemampuan bertanya anak tidak memiliki inisiatif untuk bertanya dan cenderung menggunakan kata-kata yang tidak jelas untuk mengutarakan rasa ingin tahu nya. Anak juga memiliki kekurangan pada aspek kemampuan menjawab anak seringkali menjawab pertanyaan tidak sesuai dengan pertanyaan yang diberikan. Anak juga memiliki kesulitan dalam bercerita dengan sederhana secara lisan pada orang lain mereka cenderung menggunakan kalimat yang sangat singkat dan maknanya pun kurang tepat. Akan tetapi Anak autis masih mempunyai potensi untuk dilatih kemampuan komunikasinya. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi anak autis perlu dioptimalkan melalui metode son rise bermedia interactive storybook berbasis CAI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh metode son rise bermedia interactive storybook berbasis CAI terhadap kemampuan komunikasi anak autis di SDN Lemahputro 1 Sidoarjo.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis pre eksperimental design dan rancangan one group pre test-post test design. Teknik statistik yang digunakan dalam analisis data adalah wilcoxon matched pairs test. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan Zh=2,20 lebih besar dibanding nilai kritis 5% Zt=+1,96 yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh metode son rise bermedia interactive storybook berbasis CAI terhadap kemampuan komunikasi anak autis di SDN Lemahputro 1 Sidoarjo.

Kata kunci: Son rise, Interactive storybook, CAI, komunikasi, autis.






Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 333