PENERAPAN TEKNIK HIDROPONIK SISTEM SUMBU PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ALAT DAN BAHAN TUNAGRAHITA

  • WINDIYA WULANSARI
  • EDY RIANTO

Abstract

Anak tunagrahita mempunyai IQ yang lebih rendah dibandingkan dengan anak normal yang berdampak pada kemampuan berfikir, sehingga pendidikan tunagrahita lebih diarahkan pada pendidikan keterampilan. Oleh karena itu, salah satu pelatihan keterampilan yang dapat diterapkan adalah bertanam hidroponik sistem sumbu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan hidroponik sistem sumbu terhadap kemampuan mengenal alat dan bahan bagi tunagrahita. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis pre eksperimental design dengan rancangan one group pre test-post test design. Teknik statistik yang digunakan dalam analisis data adalah Wilcaxon matched pairs test. Teknik pengumpulan data berupa tes, dari hasil penelitian menunjukkan Zh=2,36 lebih besar dibanding nilai kritis 5% Zt=+1,96, yang berarti ada pengaruh penerapan teknik hidroponik sistem sumbu pada pembelajaran keterampilan terhadap kemampuan mengenal alat dan bahan bagi tunagrahita.

Kata kunci : Keterampilan, Hidroponik sistem sumbu, Tunagrahita.






Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 629