BERMAIN HALANG RINTANG TERHADAP AKTIVITAS MOTORIK BELAJAR DALAM KELAS PADA ANAK AUTIS DI K

  • CECILIA SUSPIANTARI
  • FEBRITA ARDIANINGSIH

Abstract

Gangguan perkembangan aktivitas motorik belajar pada anak autis perlu ditindak lanjuti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain halang rintang terhadap aktivitas motorik belajar dalam kelas pada anak autis di TK Mentari School Sidoarjo. Jenis penelitian pre-eksperimental design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak autis usia 5-6 tahun di TK Mentari School Sidoarjoberjumlah 6 anak yang aktivitas motorik belajar dalam kelas masih perlu dikembangkan. Pengumpulan data dengan teknik observasi aktivitas motorik belajar dalam kelas. teknik data dianalisis dengan statistik uji tanda peringkat wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai kemampuan motorik pada anak autis saat observasi awal atau pre test adalah 65,68 menjadi 82,84 pada saat observasi akhir atau post test. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa T= 0 sama dengan nilai krisis Tα (tabel) 5% yaitu 0 berarti T=Tα. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh bermain halang rintang terhadap aktivitas motorik belajar dalam kelas pada anak autis di TK Mentari School Sidoarjo.

Kata kunci: bermain halang rintang, aktivitas motorik, autis

Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 231