PENERAPAN METODE DRILL BERMEDIA SRAPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK TUNAGRHITA

  • TRI SUCI ROHANI
  • IDRIS ACHMAD

Abstract

Anak tunagrahita masih mempunyai potensi untuk dilatih keterampilan berbicaranya. Keterampilan berbicara anak tunagrahita dalam aspek menyatakan pendapat tentang kegunaan alat kebersihan, kehendak untuk izin ke kamar mandi, meminjam buku kepada teman dan membeli permen di kantin serta menyapa guru dan teman menggunakan kalimat sederhana masih perlu dikembangkan. Oleh karena itu, keterampilan berbicara anak tunagrahita perlu dioptimalkan melalui metode drill bermedia scrapbook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji adanya pengaruh metode drill bermedia scrapbook terhadap keterampilan berbicara anak tunagrahita di SLB-C AKW II Surabaya.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan pnelitian kuantitatif jenis pre eksperimental design dengan rancangan one group pre test-post test design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tungrahita ringan yang memiliki hambatan berbicara untuk menyatakan pendapat, kehendak dan menyapa guru dan teman dengan rentang usia 8-14 tahun di SDLB-C AKW II Surabaya. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Teknik statistik yang digunakan dalam analisis data adalah wilcoxon matched pairs test. Hasil penelitian menunjukkan Zh=2,52 lebih besar dibanding nilai kritis 5% Zt=+1,96 yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh metode drill bermedia scrapbook terhadap keterampilan berbicara anak tunagrahita di SLB-C AKW II Surabaya.

Kata kunci: Metode drill, scrapbook, berbicara, tunagrahita

Published
2018-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 211