STUDI TENTANG KETERAMPILAN SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP Inklusif

Authors

  • DIYAH WAHYU MEI SURYANI
  • ZAINI SUDARTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan sosial siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif SMPN 3 Krian.Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian adalah siswa berkebutuhan khusus yang terdapat di sekolah inklusif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat siswa berkebutuhan khusus yang meliputi 1 (satu) siswa tunarungu, 1(satu) siswa tunagrahita, dan 2 (dua) siswa berkesulitan belajar hanya 1 (satu) siswa berkebutuhan khusus yaitu siswa tunarungu yang mempunyai keterampilan sosial baik. Dampak dari keterampilan sosial yang kurang baik membuat anak tidak bisa mengembangkan persahabatan dan pertemanannya dengan baik.

Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Siswa Berkebutuhan Khusus, Inklusif





Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-05

Issue

Section

Articles
Abstract views: 81 , PDF Downloads: 290