TASK ANALYSIS BERMEDIA AUDIO MOTION VISUAL TERHADAP VOCATIONAL LIFE SKILL ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SMPLB

  • LIYA DEWI MURSIDTA SARI
  • EDY RIANTO

Abstract

Kemampuan vocational life skill anak tunagrahita ringan dalam membuat karya bentuk tiga dimensi masih kurang dalam membuat kotak tisu dari pelepah pisang, sedangkan anak tunagrahita masih mempunyai potensi vocational life skill yang bisa dikembangkan. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini tentang kemampuan vocational life skill anak tunagrahita ringan di SMPLB Muhammadiyah Kertosono perlu dioptimalkan melalui task analysis bermedia audio motion visual. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh task analysis bermedia audio motion visual terhadap vocational life skill anak tunagrahita.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimental design dan rancangan one group pre test-post test design. Teknik statistik yang digunakan dalam analisis data adalah wilcoxon matched pairs test. Teknik pengumpulan data berupa tes perbuatan/unjuk kerja dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan Zh=2,20 lebih besar dibandingkan nilai kritis 5% Zt=+1,96 yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh task analysis bermedia audio motion visual terhadap vocational life skill anak tunagrahita ringan di SMPLB Muhammadiyah Kertosono.
Kata kunci: task analysis, audio motion visual, vocational, tunagrahita.





Published
2018-06-05
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 991