IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH BAGI SISWA TUNARUNGU DI SDLB-B

  • DEWI NIRMALA SARI
  • YULIYATI

Abstract

ABSTRAK

IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH BAGI SISWA TUNARUNGU DI SDLB-B KARYA MULIA 1 SURABAYA

Nama : Dewi Nirmala Sari

NIM : 14010044085

Jurusan : S-1 Pendidikan Luar Biasa

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dr. Yuliyati, M.Pd

Hambatan berbahasa yang dialami anak tunarungu dapat dioptimalkan melalui Gerakan Literasi Sekolah dengan mengembangkan keterampilan berbahasa yang meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah, faktor pendukung, faktor penghambat, serta mengatasi faktor penghambat dalam implementasi Gerakan Literasi Sekolah bagi siswa tunarungu di SDLB-B Karya Mulia 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif model analisis Miles & Huberman dengan menggunakan triangulasi untuk kesahihan instrumen dan data.

Hasil penelitian menunjukkan, di SDLB-B Karya Mulia 1 Surabaya sudah melaksanakan implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada tahapan pembiasaan dengan kegiatan 15-30 menit membacakan buku non pelajaran sebelum pembelajaran dimulai setiap hari sesuai jadwal kegiatan sekolah. Guru sudah melaksanakan aktivitas pembelajaran yang dilakukan dalam Gerakan Literasi Sekolah dengan baik.

Faktor pendukung dalam implementasi gerakan literasi sekolah ini adalah dukungan dari orang tua siswa, antusias siswa dalam membaca, serta antusias dan kreativitas guru. Faktor penghambatnya, belum tersedia sarana dan prasarana yang memadai, belum terdapat perpustakaan sekolah khusus di SDLB-B Karya Mulia 1 Surabaya, dan ketersediaan koleksi buku yang kurang. Sekolah dapat mengatasi faktor penghambat dalam implementasi gerakan literasi sekolah bagi siswa tunarungu di SDLB-B Karya Mulia 1 Surabaya, yaitu dengan adanya bantuan sumbangan koleksi buku bercerita bergambar dari pihak orang tua siswa dan para donator.

Kata Kunci : Gerakan Literasi Sekolah, Tunarungu.


ABSTRACT

THE IMPLEMENTATION OF SCHOOL LITERACY PROGRAM FOR STUDENTS WITH DEAF IN SDLB-B KARYA MULIA 1 SURABAYA

Name : Dewi Nirmala Sari

Reg. Number : 14010044085

Study Program : S-1 Special Education

Faculty : Faculty of Education

Institution : State University of Surabaya

Advisor : Dr. Yuliyati, M.Pd

Language barrier had by students with deaf can be decreased by implementing school literacy program which develops language ability including listening, speaking, reading and writing. The purpose of this study is to describe the implementation of school literacy program, supporting factors, obstacles and how to face the obstacles in implementing school literacy program for students with deaf in SDLB-B Karya Mulia 1 Surabaya. This study is a descriptive qualitative study to obtain the data, the researcher used interview, observation and documentation. Miles & Huberman qualitative data analysis technique is used with triangulation method to validate the data and research instrument.

The result of the study shows that SDLB-B Karya Mulia 1 Surabaya has implemented school literacy program in accustoming steps. The activity is making students accustomed by giving 15-30 minutes to read non-subject book before the class begin everyday. Teachers has implemented it well.

Supporting factors in the implementation of school literacy program are parents’ supports, students’ enthusiasm, and teachers’ creativity and enthusiasm. The obstacles, is on unsophisticated facilities provided, there is no library, and the lack of book variety. In facing the obstacles, school are helped by donors and students’ parents who donate some books.

Keywords: School literacy program, deaf




Published
2018-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 112