PENGARUH METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK AUTIS DI TK MENTARI SCHOOL SIDOARJO

  • NI PUTU ARIESTI SUWIDHIANTARI
  • IMA KURROTUN AININ

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak autis yang mengalami hambatan dalam bidang kognitif. Hal ini terlihat pada kemampuan anak autis di TK Mentari School Sidorjo, dalam berhitung, anak hanya mampu menyebutkan 1-10. Namun, ketika dihadapkan dengan bentuk bilangan 1-10 anak tidak mengerti mana angka 1, angka 2, angka 3 sampai 10 sehingga masih perlu ditingkatkan. Melalui metode multisensori anak autis dirasangsang secara aktif untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan dengan menyebutkan angka bila diperlihatkan lambang bilangannya, menyebutkan jumlah benda dengan cara berhitung, menghubungkan benda-benda konkret dengan lambang bilangan 1 sampai 10.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode multisensori terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak autis di TK Mentari School Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis pre-eksperimental disign. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik non parametik dengan uji peringkat bertdanda wilcaxon.

Hasil penelitian meunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai kemampuan mengenal lambang bilangan anak autis pada saat tes awal 58,33 dan 91,67 pada tes akhir. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan hasil T (jenjang terkecil) = 0 lebih kecil sama dengan dari Tα (tabel) = 0 dengan nilai kritis 5% (untuk pengujian dua sisi). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh metode multisensori terhadap kemampuan mengenal angka pada anak autis di tk mentari school sidoarjo.

Kata kunci : mengenal lambang bilangan, anak autis, metode multisensori.

The background of this study is the urgency to develop ability in recognizing numbers for students with autism which having cognitive problems. The problem is seen in autism students at TK Mentari School Sidoarjo. Students are able to pronounce numbers from one to ten. However, they could not recognize its physical form. By using multisensory method, students are actively triggered to develop their ability in recognizing numbers by pronouncing it when they are shown the numbers, pronouncing numbers of some objects by counting it, and connecting tangible objects to one to ten numbers.

The purpose of this study is to know the effect of multisensory method towards students with autism ability in recognizing number at TK Mentari School Sidoarjo. This is a quantitative study with pre-experimental design. Wilcoxon non parametric test analysis is used to analyze the data.

The result shows significance development on students’ ability in recognizing numbers. Pre-test value show 58.33 meanwhile post-test value 91.67. Besides, T test = 0 smaller than Tα = 0 in critical value 5% (in two sides test). In conclusion, Ho is rejected meanwhile Ha is accepted. This result means there is significance effect of multisensory method towards students with autism ability in recognizing number at TK Mentari School Sidoarjo.

Keywords: numbers recognition, autism, multisensory method.

Published
2018-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 193