PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA HERBARIUM PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV DI SEKOLAH DASAR INKLUSI SURABAYA

  • ABDIATIN HOLIDA
  • ASRI WIJIASTUTI

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai ilmiah pada anak. Tujuan penelitian ini adalah penggunaan media herbarium melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa tunagrahita ringan kelas IV Inklusi di SDN Klampis Ngasem I/246 Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas IV Inklusi yang berjumlah 4 siswa. Rancangan penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata hasil penilaian pengetahuan sebesar 73,75 dan rata-rata hasil penilaian keterampilan sebesar 72,50. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penilaian pengetahuan dan keterampilan pada siklus I sebanyak 50% siswa tunagrahita ringan mendapatkan nilai ≥75. Sementara pada siklus II, rata-rata hasil penilaian pengetahuan sebesar 81,25 dan rata-rata hasil penilaian keterampilan sebesar 83,75. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penilaian pengetahuan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 75% siswa tunagrahita ringan mendapatkan nilai ≥75 dan hasil penilaian keterampilan meningkat menjadi 100% siswa tunagrahita ringan mendapatkan nilai ≥75. Target keberhasilan yang ditetapkan tercapai pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dengan media herbarium berhasil meningkatkan hasil belajar IPA siswa tunagrahita ringan kelas IV Inklusi SDN Klampis Ngasem I/246 Surabaya.

Science is one of the subjects that develop knowledge, skill, attitude and scientific values to children. The purpose of this research was to use herbarium media through scientific approach which could enhance the learning science result of mild mentally retardation students of class IV inclusion in SDN Klampis Ngasem I/246 Surabaya. The research subjects were 4 mild mentally retardation students of class IV inclusion. The research arrangement was in the form of class treatment with Kemmis & Mc. Taggart’s model. The research result in cycle I indicated that the average value of knowledge assessments was 73,75 and the average value of skill assessments was 72,75. It indicated that the result of knowledge assessments and skill assessments to cycle I that 50% of mild mentally retardation students got the value ≥ 75. While, the research result in cycle II indicated that the average value of knowledge assessments was 81,25 and the average value of skill assessments was 83,75. It indicated that the result of knowledge assessment to cycle II enhanced to be 75%, the mild mentally retardation students got the value ≥ 75 and the result of skill assessment enhanced to be 100%, the mild mentally retardation students got the value ≥ 75. The success target decided was achieved on cycle II. Based on the research result, it was concluded that the scientific approach with herbarium media successfully enhanced the learning science result of mild mentally retardation students of class IV inclusion in SDN Klampis Ngasem I/246 Surabaya.


Published
2018-07-02
Section
Articles
Abstract Views: 117
PDF Downloads: 167