PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUASAAN KONSEP BILANGAN PECAHAN SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 3 DI SDN KEPUTIH 245 INKLUSIF SURABAYA BERBANTUAN MEDIA TIGA DIMENSI

  • AGUS SETYONO
  • SITI MAHMUDAH

Abstract

Melihat dari fenomena lapangan yang menunjukan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar guru masih menggunakan cara atau metode yang membosankan dan monoton. Maka dengan menggunakan media tiga dimensi yang berupa buah apel dapat memberikan pemahaman siswa terhadap bilangan pecahan sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji adanya peningkatan pemahaman konsep bilangan pecahan berbantuan media tiga dimensi. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini merupakan siswa tunagrahita ringan kelas 3 SDN Keputih 245 Surabaya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik pengolahan data diperoleh menggunakan analisis data secara prosentasi. Hasil penelitian dari siklus I dengan rerata 37,5 sampai siklus II dengan rerata 77,5 menunjukan adanya peningkatan penguasaan konsep bilangan pecahan siswa tunagrahita ringan berbantuan media tiga dimensi yaitu dengan kenaikan dari rerata siklus Imeningkat sebesar 40% pada siklus II. Kesimpulan penelitian bahwa penguasaan konsep bilangan pecahansiswa kelas 3 tunagrahita ringan berbantuan media tiga dimensi di SDN Keputih 245 Inklusif Surabaya mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 40%.

Kata kunci : media tiga dimensi, anak tunagrahita ringan, penguasaan konsep pecahan

Viewing from the field phenomenon that shows that in teaching and learning activities teachers still use the method or method is boring and monotonous. So by using three-dimensional media in the form of apples can provide students with understanding of simple fractions. This study aims to examine the increasing understanding of the concept of fractions with the help of three dimensional media. The design of this study is a classroom action research (PTK). The subjects of this study were mild mentally disabled students grade 3 grade SDN Keputih 245 Surabaya. Technique of collecting data by using test and observation. Data processing techniques obtained using data analysis in percentage. The result of the research from cycle I with average 37.5 to cycle II with average 77.5 shows the improvement of the concept of fractional numbers of mild mentally disabled studentstunagrahita with three dimensional media, with the increase from cycle I increased to 40% in cycle II. The conclusion of the research that the mastery of the concept of fraction of grade 3 of mild mentally disabled students assisted by three dimensional media in SDN Keputih 245 Inclusive Surabaya experienced a significant increase of 40%.

Keywords: three dimensional media, mild mentally disabled children, mastery of fractional concept

Published
2018-07-02
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 76