PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BINA DIRI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN PADA PEMBELAJARAN BINADIRI DI SLB TUNAS KASIH SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan bina diri merawat diri dalam aktifitas menggosok gigi nyaitu mengenal tempat menggosok gigi, mengenal alat-alat menggosok gigi, memegang sikat gigi, menuangkan pasta gigi, menggosok gigi, dan membersihkan mulut yang masih perlu dikembangkan. Dalam penelitian ini kemampuan yang di miliki anak tunagrahita dalam bina diri dapat ditingkatkan melalui video animasi dalam proses pembelajaran. Video animasi yang telah di sesuaikan dengan karakteritisk anak tunagrahita ringan baik dalam kejelasan warna dan gambar dalam video. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Video Animsi Terhadap Kemampuan Bina Diri Anak Tunagrahita Ringan Pada Pembelajaran Bina Diri di SLB Tunas Kasih Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dan rancangan one group pre test-post test design. Teknik statistic yang digunakan dalam analisis data adalah Wilcoxon . Teknik pengumpulan data berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan Zh=2,20 lebih besar disbanding nilai krisis 5% Zt=1,96 yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh video animsi terhadap kemampuan bina diri anak tunagrahita ringan pada pembelajaran bina diri di SLB Tunas Kasih Surabaya..Kata kunci: Video animasi, bina diri, tunagrahita
Downloads
Download data is not yet available.

