PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA TUNADAKSA DI SMPLB YPAC SURABAYA

  • DERRY HARYO KADARISMAN
  • ENDANG PUDJIASTUTI SARTINAH

Abstract

ABSTRAK

Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Tunadaksa di SMPLB YPAC Surabaya

Nama : Derry Haryo Kadarisman

NIM : 11010044034

Program Studi : S-1

Jurusan : Pendidikan Luar Biasa (PLB)

Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dr .Endang Pudjiastuti S, M.Pd.

IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. Pembelajaran Kontekstual merupakan salah pembelajaran yang tepat untuk membantu siswa tunadaksa dalam mempelajari mata pelajaran IPA dengan memberikan contoh dan model yang nyata dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar IPA pada siswa tunadaksa di SMPLB YPAC Surabaya.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre-eksperimen, dengan menggunakan rancangan penelitian One Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan dengan rincian 1 kali pretest , 6 kali treatment dan 1 kali posttest. Subyek dalam penelitian ini terbatas pada siswa tunadaksa di SMPLB YPAC Surabaya berjumlah 6 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil pretest rata-rata nilai yang diperoleh adalah 39,33 dan setelah diberikan perlakuan hasil posttest rata-rata nilai yang diperoleh adalah 78. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai yang signifikan. Nilai Zh = 2,20 lebih besar daripada nilai kritis 5% Zt = 1,96 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar IPA pada siswa tunadaksa di SMPLB YPAC Surabaya.

Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Siswa Tundaksa, Pembelajaran Kontekstual, Sistem Gerak Manusia.

Published
2018-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 203
PDF Downloads: 647