Studi Deskriptif Kompetensi Guru Pembimbing Khusus Di Sekolah Inklusi Surabaya.

  • ULUL AZMI
  • EDY RIANTO

Abstract

ABSTRAK

STUDI DESKRIPTIF KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PEMBIMBING KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI SURABAYA

Nama : Ulul Azmi

NIM : 11010044205

Program Studi : S-1

Jurusan : Pendidikan Luar Biasa

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Drs. Edy Rianto, M.Pd

Lingkungan pendidikan inklusif pada saat ini masih tampak adanya kekurangan dalam hal kompetensi profesional guru.Khususnya bagi guru pembimbing khusus di sekolah-sekolah dasar inklusif Surabaya.Indikator kompetensi guru yang harusnya dipenuhi oleh guru masih tampak ada beberapa yang belum dipenuhi.

Keberadaan guru yang profesional dan berkompeten merupakan suatu keharusan untuk memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran.Guru yang profesional mampu mencerminkan sosok keguruannya dengan wawasan yang luas dan memiliki sejumlah kompetensi yang menunjang tugasnya.Kompetensi ini dapat dilihat dari kemampuan guru menguasai subtansi bidang studi dan metodologi keilmuannya, menguasai struktur dan kurikulum bidang studi, mengorganisasikan materi kurikulum bidang studi, menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, meningkatkan kualitas pembelajaran melalui evaluasi dan penelitian.

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kompetensi guru pembimbing khusus (GPK) dalam memberikan layanan pendidikan bagi anak bekebutuan khusus di SDN Inklusif Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai intrumen kunci dengan teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Tempat pelaksanaan penelitian potret kompetensi professional guru pembimbing khusus di sekolah dasar inklusif surabaya khususnya di wilayah surabaya barat, yaitu SDN Banyu Urip V, SDN Tandes Kidul I, dan Dukuh Kupang III. Alasan memilih lokasi penelitian ini karena peneliti menemukan problem di dalam sekolah tersebut.

Hasil dari penelitian ini yaitu 5 aspek kompetensi guru menurut permendiknas no.16 tahun 2007 dapat disimpulkan bahwa ketiga Guru Pembimbing Khusus dari sekolah SDN inklusi Surabaya memiliki kompetensi professional sebagai Guru Pembimbing Khusus di sekolah. Karena kompetensi professional guru adalah hal mendasar yang harus dimiliki oleh pendidik dalam menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, ramah dan terbuka tidak hanya untuk siswa berkebutuhan khusus namun juga untuk siswa regular secara umum.Karena tujuan dari inklusi ini tidak hanya untuk memberikan pembelajaran komunikasi, sosialisasi dan interaksi bagi siswa berkebutuhan khusus namun juga untuk memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa regular agar dapat menghormati, menghargai dan menerima keberadaan dan kondisi siswa berkebutuhan khusus sebagai warga sekolah.

Kata kunci: Kompetensi guru, guru professional, sekolah inklusi

ABSTRACT

DESCRIPTIVE STUDY OF PROFESSIONAL COMPETENCE OF SPECIAL ADVISING TEACHERSIN SURABAYA INCLUSIVE SCHOOL

Name : Ulul Azmi

Reg Number : 11010044205

Study Program : S-1

Department : Special Education

Faculty : Education Faculty

University : State University of Surabaya

Advicer Lecture : Drs. Edy Rianto, M.Pd

The existence of professional and competent teachers is a necessity to facilitate the achievement of learning objectives.Professional teachers are able to reflect the teachers figure with a broad insight and have a number of competencies that support their task. This competence can be seen from the teachers ability to master the substance of the study field and scientific methodology, to master the structure and curriculum of the studyfield, toorganize the subject matter curriculum materials, to master,and to utilize information and communication technology in learning, and to improve the quality of learning through evaluation and research.

The purpose of this study is to describe the professional competence of special advising teachers (GPK) in providing educational services for children with special needs inPublic Elementary School of Inclusive Surabaya. The research method used in this research is .The approach utilized in this research is qualitative approach which is the research method based on natural object condition, where the researcher is as a key instrument with data collection technique is done by triangulation (combination), data analysis is inductive/qualitative, and the result of qualitative research emphasizes more on the meaning of generalization.The site of the research is a portrait of professional competence of aspecial teacher in Surabaya inclusive primary school especially in western Surabaya region, namely Public Elementary School of Banyu Urip V, Public Elementary School ofTandesKidul I, and DukuhKupang III. The reason for choosing the location of this research because the researcher finds problems in the school. The results of this study are 5 aspects of professional competence of teachers according to Education Ministry Regulation (Permendiknas)No.16 of 2007 can be concluded that the three special advising teachers (GPK) from Public Elementary School of Surabaya Inclusive schools have professional competence as special advising teachers (GPK) inthe schools.Because the professional competence of teachers is a fundamental thing that must be owned by educators in applying the learning in accordance with the characteristics of students; being friendly and open not only for students with special needs but also for regular students in general. It is because the purpose of this inclusion is not only to provide communication, socialization, and interaction learning for students with special needs but also to provide meaningful learning for regular students in order to respect, appreciate, and accept the existence and condition of students with special needs as school citizens.

Keywords: Teacher competence, professional teacher, inclusive school




Published
2018-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 260