Pengaruh Metode Suku Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunarungu Di SLB Al Hidayah Caruban

  • NARMA AJENG BELLAKARINA
  • YULIYATI

Abstract

Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang harus dikembangkan bagi semua siswa tanpa terkecuali tunarungu. Ketunarunguan menyebabkan anak terlambat dalam perkembangan bahasanya. Sehingga anak tunarungu bukan hanya mengalami kesulitan dalam berbahasa lisan, tetapi juga bahasa tulis. Membaca harus di ajarkan sedini mungkin sebagai bagian dari bahasa agar anak tidak mengalami hambatan dalam berkomunikasi. Berbagai metode dapat digunakan untuk mengajar salah satunya adalah metode suku kata.Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh medode suku kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunarungu di SLB Al Hidayah Caruban.

Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra eksperimen menggunakan desain “the one group pre-test post-test design”diterapkanuntuk memperoleh data kemampuan membaca permulaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.

Analisis data menggunakan statistik non parametrik wilcoxon match pair test. Berdasarkan taraf signifikansi adapun hasil penelitian menunjukkan nilai Z hitung 2,66 lebih besar dari pada Z tabel pada nilai kritis 5% yaitu 1,96 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap pengaruh metode suku kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunarungu di SLB Al Hidayah Caruban.

Kata kunci: Metode Suku Kata, Membaca Permulaan, tunarungu






Published
2018-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 1257