Penggunaan Media ABACA Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Autis di Sekolah Khusus

  • DEWI PUJI ASTUTI
  • BUDIYANTO

Abstract

Abstrak

Kemampuan membaca yang dimiliki anak autis perlu dikembangkan, karena membaca memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam hal belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media ABACA flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan anak autis di Sekolah Khusus Cita Hati Bunda Sidoarjo.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental design. Subject dalam penelitian ini adalah anak autis berusia 5-9 tahun di Sekolah Khusus Cita Hati Bunda Sidoarjo yang berjumlah 6 anak dengan kemampuan membaca permulaan yang masih perlu dikembangkan. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan tes lisan membaca permulaan di kelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji tanda peringkat Wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai kemampuan membaca permulaan anak autis saat observasi awal atau pre test dengan nilai rata-rata 40,28 menjadi 59,77 pada observasi akhir atau post test. Selain itu, hasil analisis data menunjukkan bahwa T=0 sama dengan nilai krisis Tα (table) 5% yaitu 0 yang berarti T=Tα. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media ABACA flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan anak autis di Sekolah Khusus Cita Hati Bunda Sidoarjo.

Kata Kunci: Anak Autis, Media ABACA flashcard, kemampuan membaca permulaan

Published
2018-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 111
PDF Downloads: 336