PENGARUH PENGGUNAAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK AUTIS

  • FARAH KARIMAH ARDINI
  • BUDIYANTO

Abstract

ABSTRAK

PENGGUNAAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK AUTIS

Nama : Farah Karimah Ardini

NIM : 14010044036

Program Studi : S- 1

Jurusan : Pendidikan Luar Biasa

Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dr. Budiyanto, M.Pd

Kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak autis yang rendah masih perlu dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh penggunaan CAI untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak autis. Jenis penelitian ini menggunakan pre-eksperimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak autis usia 7-9 tahun kelas 1 tingkat sekolah dasar di SLB Putra Harapan Sidoarjo berjumlah 6 anak autis. Pengumpulan data dengan menggunakan tes perbuatan. Teknik data dianalisis dengan statistik uji tanda peringkat Wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan jumlah nilai kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak autis saat pre-test adalah 6,3 menjadi 11 pada saat post-test. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa T=0 sama dengan nilai krisis Tα (tabel) 5% yaitu 0 berarti T=Tα. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan Computer Assisted Instruction (CAI) untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak autis.

Kata Kunci : Mengenal Lambang Bilangan, Computer Assisted Instruction (CAI), Anak Autis



ABSTRACT

THE INFLUENCE OF COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) USAGE TO ENHANCE RECOGNIZING NUMBER SIGN ABILITY TO AUTISM CHILDREN

Name : Farah Karimah Ardini

NIM : 14010044036

Study Program : S-1

Department : Special Education

Faculty : Education Science

Institution : Surabaya State University

Counselor : Dr. Budiyanto, M.Pd

Low recognizing number symbol ability to autism children needed to be developed. This research purpose was to test the influence of CAI usage to enhance recognizing number symbol ability to autism children. The kind of this research used pre-experimental design. The sample in this research was autism children of 7 – 9 years old first class of elementary school in SLB Putra Harapan Sidoarjo numbering 6 autism children. The data collection used behavior test. The data technique was analyzed by statistic of Wilcoxon Match Pairs test.

The research result indicated that there was enhancement of total value of recognizing number symbol ability to autism children. In pre-test the value was 6,3 becoming 11 in post-test. In spite of this, the research result also indicated that T = 0 was equal to critic value Tα (table) 5% i.e. 0 meant T = Tα. This indicated that there was influence of Computer Assisted Instruction (CAI) usage to enhance recognizing number symbol ability to autism children.

Keywords: Recognizing number symbol, Computer Assisted Instruction (CAI), Autism children


Published
2018-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 118