KONTRIBUSI POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP SELF CARE SKILL ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB/C

  • FAJAR PUJI LESTARI
  • SITI MAHMUDAH

Abstract

Kemampuan merawat diri atau self care skill yang berkaitan dengan toilet training anak tunagrahita berbeda-beda. Ada anak tunagrahita yang sudah mampu melakukan toilet training sendiri tanpa bantuan orang lain, namun anak tunagrahita lain yang berada pada jenjang kelas yang sama masih membutuhkan bantuan atau pendampingan orang lain, penting untuk mengetahui apakah self care skill yang berkaitan dengan toilet training tersebut dipengaruhi oleh pola asuh orang tua.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua anak tunagrahita, cara yang dilakukan orang tua, hambatan yang dihadapi orang tua dan solusi yang dilakukan orang tua dalam mengembangkan self care skill yang berkaitan dengan toilet training anak tunagrahita di SDLB/C AKW II Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: reduksi data, analisis persentase, penyajian data dan verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pola asuh dominan yang diterapkan oleh seluruh orang tua dari tiga subjek yaitu authoritative (demokratis). Orang tua mengajarkan dan melatih anak untuk melakukan langkah-langlah buang air di toilet dengan benar serta membantu anak apabila mengalami kesulitan dalam melakukan langkah tersebut.

Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua memberikan pengaruh terhadap sikap anak tunagrahita sehingga self care skill yang berkaitan dengan toilet training masing-masing anak tunagrahita yaitu AR sebesar 83,69%, RA sebesar 78,26% dan AN sebesar 75%. Mereka mampu melakukan langkah-langkah untuk buang air di toilet dengan mandiri, namun ada beberapa langkah yang masih membutuhkan bantuan dari orang tua baik berupa bantuan verbal maupun non verbal.

Kata kunci: pola asuh, toilet training, tunagrahita






Published
2018-07-20
Section
Articles
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 77