GAME INTERAKTIF BERBANTUAN ANDROID TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGGOTA TUBUH ANAK AUTIS

  • AZLENA VIRA SAFITRI
  • PAMUJI

Abstract

Nama : Azlena Vira Safitri

NIM : 14010044002

Progam studi : S-1

Jurusan : Pendidikan Luar Biasa

Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Drs. Pamuji, M.Kes

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal anggota tubuh pada anak autis. Agar anak mampu mengenal bagian dari dirinya sendiri dan fungsi dari anggota tubuh yang dimiliki. Melalui penerapan media game interaktif berbasis android anak autis diajarkan secara interaktif untuk meningkatkan kemampuan mengenal anggota tubuh.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design dan rancangan penelitian one grup pre test post test design. Subjek penelitian berjumlah 6 siswa anak autis .

Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan bahwa pada tes awal atau pre test rata-rata yang diperoleh adalah 54,54 dan sesudah diberikan perlakuan tes akhir atau post test rata-rata yang diperoleh adalah 74,99 dengan pemberian treatment (perlakuan) sebanyak 10 kali pertemuan.. Hasil penelitian menunjukkan Zh = 2,20 lebih besar dari Zt=1,96 dengan nilai kritis 5% (pengujian dua sisi). Jika Zhitung > Ztabel (2,20 > 1,96), menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal anggota tubuh anak autis di Sekolah Khusus Waru Sidoarjo sebelum dan sesudah penerapan media game interaktif.

Kata Kunci: Media game interaktif, anggota tubuh, autis.

ABSTRACT

THE INFLUENCE OF INTERACTIVE GAME BY ANDROID HELP TOWARD RECOGNIZING PART OF BODY ABILITY OF AUTISM CHILDREN

Name : Azlena Vira Safitri

NIM : 14010044002

Study Program : S-1

Department : Special Education

Faculty : Education Science

Institution : State of Surabaya University

Counselor : Drs. Pamuji, M.Kes

This research had purpose to enhance the recognizing part of body ability to autism children in order that the children could recognize their own part of body and the function. Through the application of interactive game media based android, the autism children were taught interactively to enhance the recognizing part of body ability.

This research used quantitative approach with the research kind of pre-experiment design and the arrangement of “One group pre test post test design”. The research subjects were 6 autism students.

The research result indicated there was enhancement that in the beginning test or pre test, the average value obtained was 54,54 and after giving treatment of last test or post test, the average value obtained was 74,99 by giving treatment 10 times meeting. The research result indicated that Zh = 2,20 was greater than Zt = 1,96 with critic value 5% (two sides test). If Z counted > Z table (2,20 > 1,96) it indicated that there was enhancement of the recognizing part of body ability of autism children in Special School Waru Sidoarjo before and after applying interactive game media.

Keywords: Interactive game media, part of body, autism.

Published
2018-07-20
Section
Articles
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 114