Program Daily Living Skill Pada Peserta Didik Autis Di SDLB Harapan Bunda Surabaya
Abstract
ABSTRAK
Daily living skill merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai dan penting untuk keberlangsungan hidup anak secara mandiri. Akan tetapi, anak dengan autisme tidak mampu untuk melakukannya dikarenakan adanya ketiga hambatan utama, yaitu hambatan di bidang komunikasi, interaksi sosial dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program daily living skill, kendala dan berbagai upaya yang dilakukan selama menerapkan program daily living skill bagi peserta didik autis di SDLB Autis Harapan Bunda Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, data display, dan conclusion drawing/verification. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program daily living skill yang dilaksanakan bagi semua peserta didik autis di SDLB Harapan Bunda Surabaya sudah sesuai dengan teori yang ada. Program daily living skill tersebut diantaranya adalah keterampilan makan, keterampilan berpakaian, dan keterampilan kebersihan diri. Semua guru yang terlibat dalam pelaksanaan program daily living skill serta seluruh peserta didik autis di SDLB Harapan Bunda Surabaya telah berusaha untuk konsisten dalam melaksanakan program daily living skill. Hanya saja tingkat kekonsistenan antar guru maupun peserta didik autis tidak sama. Kendala yang sering terjadi selama pelaksanaan program daily living skill diantaranya adalah (1) Sarana dan prasarana yang kurang memadai. (2) Keterbatasan tenaga yang dimiliki guru. (3) Munculnya perilaku yang tidak dapat diprediksi. Solusi yang sudah dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut diantaranya adalah (1) memanfaatkan dan memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada di lingkungan sekolah (2) memaksimalkan kerjasama antar guru untuk mengendalikan peserta didik autis. (3) pendidik akan membawa peserta didik yang tantrum ke dalam ruangan khusus dan akan ditenangkan diruangan tersebut.
Kata Kunci : daily living skill, peserta didik autis
Downloads

