Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Motorik Halus Anak Tunagrahita Sedang di SLB C Dharma Wanita Lebo Sidoarjo

  • Irma zuhriyah
  • SITI MAHMUDAH

Abstract

ABSTRAK

Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita SedangDi Slb C Dharma Wanita Lebo Sidoarjo.

Nama : Irma Zuhria

NIM : 11010044216

Program Studi : S-1

Jurusan : Pendidikan Luar Biasa (PLB)

Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes.

Anak tunagrahita sedang di SLB C Dharma Wanita Lebo Sidoarjo mengalami hambatan memegang benda, menggenggam benda, memutar jari tangan dan menekan telapak tangan mereka perlu dibantu supaya kemampuan motorik halus anak tunagrahita sedang meningkat dengan melakukan kegiatan finger painting. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh kegiatan finger painting terhadap kemampuan motorik halus anak tunagrahita sedang di SLB C Dharma Wanita Lebo Sidoarjo.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pra eksperimen dengan desain pre experimental, one group pre test - post test design. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan tes perbuatan, observasi, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk memperoleh data kemampuan motorik halus pada anak tunagrahita sedang sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, sedangkan data yang diperoleh dari dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian telah dilaksanakan.Subyek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita sedang kelas rendah di SLB C Dharma Wanita lebo Sidoarjo yang berjumlah 6 anak yang motorik halusnya perlu dikembangkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak tunagrahita sedang pada saat pre tes rata-rata yang diperoleh adalah 8 dan setelah diberikan perlakuan hasil postes rata–rata yang diperoleh adalah 12,41. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pengaruh nilai Zh = 2,22 lebih besar dibanding dengan nilai krisis 5% Zt = +1,96 yang berarti ada pengaruh kegiatan finger painting terhadap kemampuan motorik halus anak tunagrahita sedang di SLB C Dharma Wanita Lebo Sidoarjo.

Kata kunci: tunagrahita sedang, finger painting, motorik halus.





Published
2018-07-23
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 262