PERAN ORANGTUA DALAM PEMBINAAN PRESTASI BELAJAR ANAK AUTIS

  • SETYOWATI RAHAYU
  • BUDIYANTO

Abstract

ABSTRAK

PERAN ORANGTUA DALAM PEMBINAAN PRESTASI BELAJAR ANAK AUTIS

Nama : Setyowati Rahayu

NIM : 11010044024

Program Studi : S-1

Jurusan : Pendidikan Luar Biasa

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dr. Budiyanto, M.Pd

Orangtua adalah orang terdekat yang paling besar peranannya pada perkembangan anak. Orangtua sangat berperan dalam merawat dan membesarkan anak, memenuhi kebutuhan fisiologis dan psikis, membimbing dan mengarahkan, memberikan contoh dan teladan yang baik, memberikan afeksi atau kasih sayang yang menimbulkan kehangatan, rasa aman dan terlindungi yang diperlukan oleh anak.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orangtua dalam pembinaan prestasi belajar anak autis, ini difokuskan pada bagaimana peran orangtua dalam membina prestasi belajar anak autis, apa saja kendala yang dialami orangtua dalam pembinaan prestasi belajar anak autis dan bagaimana cara mengatasi kendala dalam pembinaan prestasi belajar anak autis.

Peneliti memilih pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Sedangkan teknik analisis datanya ialah reduksi data, penyajian data, dan verification. Uji keabsahan data menggunakan teknik pengecekan anggota (member checks).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data yang diperoleh dari 4 (empat) pasang orangtua anak autis sebagai informan , menerangkan bahwa keberhasilan anak autis dalam bidang apapun selalu didukung dengan adanya peran orangtua baik dalam memahami anak apa adanya, mengupayakan alternatif penanganan anak autis dalam bidang akademik maupun non-akademik, bertindak sebagai manager dalam pembinaan prestasi belajar anak autis, bergabung dengan organisasi, mencari dukungan keluarga, pemberi motivasi maupun sebagai fasilitator. Kendala utama yang dihadapi orangtua dalam pembinaan prestasi belajar anak auitis adalah kurangnya informasi tentang anak autis, tenaga pendidik yang kurang dan sekolah inklusi yang terbatas, serta minimnya alat belajar yang bisa digunakan anak autis. Cara mengatasi kendala peran orangtua dalam pembinaan prestasi belajar anak autis adalah dengan memberikan pendidikan non-formal untuk anak sebagai dasar sebelum anak autis masuk ke sekolah ( pendidikan formal), menjadi guru sekaligus terapis bagi anak ketika dirumah, mencari informasi terkait keadaan anak pada para ahli, terapis, internet, buku maupun ke sesama orangtua anak autis untuk mengetahui perkembangan informasi mengenai anak autis. Serta menggunakan alat belajar yang seadanya atau yang sudah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan anak tersebut.

Kata Kunci: Peran Orangtua, Prestasi Belajar, Anak Autis

ABSTRACT

The Role of Parents in Guidance of Learning Achievement Children With Autism

Name : Setyowati Rahayu

Student ID : 11010044024

Study Program : Undergraduate Special Education

Faculty : Education

Institution : Surabaya State University

Advisor : Dr. Budiyanto, M.Pd

Parents are the closest person who have greatest role in children development. Parents are very important in taking care and raising children, fulfill their physical and psychic needs, guiding and directing, giving example and good model, giving affection which cause warmth, safety and protected which is needed by children.

This research is aimed to descrive parents role in guidance of learning achievement children with autism, this is focused on how parents in guiding learning achievement children with autism, the problem parents face in guidance learning achievement children with autism and how parents resolve the problems in guidance learning achievement children with autism.

Researchers choose to use qualitative approachment, interview, observation, and documentation as technique to collect data. For analysis data technique researcher use data reduction, presentation data and verification. For validity test researcher use member check technique.

This Research show that the data obtained from 4 pair of parents of children with autism as informant explain that children with autism sucess in every field always supported with the role of parents in understanding the children with autism as it is, seek an alternative handling children with autism in academic filed or non-academic field, acting as manager in guidance of learning achievement children with autism, joining in an organization, finding family support, motivation giver as well as facilitator. The main problem parents of children with autism face in guidance of learning achievement are lack of information about children with autism, lack of the number of teacher, limited inclusion school and lack of learning tools that can be used for children with autism.

The solution for main problem that parents of children with autism face in guidance of learning achievement is giving non-formal education for basic before children with autism entering school (formal education), become teacher as well a therapist for children with autism in home, finding information about children condition towards expert, therapist, internet, book also to fellow parents of children with autism to know information about development children with autism. Also using simple learning tools or modification learning tools suitable for children with autism needs.

Keywords : Parents Role, Learning Achievement, Children with Autism.







Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 801