PEMANFAATAN MEDIA PICTURE SERIES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA TUNAGRAHITA DI SLB
Abstract
ABSTRAK
PEMANFAATAN MEDIA PICTURE SERIES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA TUNAGRAHITA DI SLB SITI HAJAR SIDOARJO
Nama : Melly Dwiki Oktaviani
NIM : 14010044050
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Luar Biasa
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Idris Ahmad,M.Pd
Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pemanfaatan media picture series untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre-eksperimen, dengan menggunakan rancangan penelitian One Grup, pretest, post test design. Sampel pada penelitian ini adalah enam siswa tunagrahita kelas rendah yang memiliki hambatan pada kemampuan komunikasi khususnya bercerita di SLB Siti Hajar Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes yaitu berupa tes lisan.
Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan, terlihat dari meningkatkan kemampuan bercerita anak setelah diberikan perlakuan berupa media picture series. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan nilai z hitung=2,2 lebih besar dari nilai z tabel=1,96 yang berarti adanya pengaruh media picture series terhadap kemampuan bercerita pada anak tunagrahita ringan di SLB Siti Hajar Sidoarjo.
Kata Kunci: Media Picture Series, kemampuan Bercerita, Anak Tunagrahita.
ABSTRACT
THE UTILIZATION OF PICTURE SERIES MEDIA TO
ENHANCE TELLING STORY ABILITY TO MENTALLY
RETARDATION IN SLB SITI HAJAR SIDOARJO
Name : Melly Dwiki Oktaviani
NIM : 14010044050
Study Program : S-1
Department : Special Education
Faculty : Education Science
Institution : Surabaya State University
Counselor : Dr. Idris Ahmad, M.Pd
This research purpose was to prove the existence of picture series media utilization to enhance telling story ability to the mentally retardation. This research used quantitative approach and pre-experiment kind of research by using one group pre test – post test design arrangement. The samples of this research were six mentally retardation students of low class which had hindrance to the communication ability especially telling story in SLB Siti Hajar Sidoarjo. The technique of data collection used test method in the form of oral test.
The research result indicated significant influence it was viewed from enhancing the children’s telling story ability after giving treatment in the form of picture series media. This was proved by the result of data analysis which indicated the value of z counted = 2,2 was greater than the value of z table = 1,96 which meant that there was influence of picture series media toward telling story ability to mild mentally retardation children in SLB Siti Hajar Sidoarjo.
Keywords: Picture series media, telling story ability, mentally retardation children
PDF Downloads: 64