penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autis di SBL

  • BRILLIANA NUR
  • FEBRITA ARDIANINGSIH

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hambatan perkembangan menggangu aktifitas keseharian anak autis. Kempuan interaksi sosial yang di miliki oleh anak autis di SLB Harmoni Gedangan Sidoarjo masih terbilang kurang berkembang, metode penelitian bermain peran merupakan suatu cara untuk mengembangkan kempuan anak autis.

tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode bermain pranuntuk interaksi sosial pada anak autis tingkat SD di SLB HARMONI Gedangan.

Hasil penelitian menunjukan bahwasanya metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autis. Hal ini terlihat dari kempuan interaksi sosial yang meliputi kemampuan mengawali percakapan dan memberikan tanggapan pada saat interksi sosial berlangsung mengalami peningatan.

Kata kunci: metode bermain peran , interaksi sosial, autis

elitian ini dilatarbelakangi oleh hambatan perkembangan menggangu aktifitas keseharian anak autis. Kempuan interaksi sosial yang di miliki oleh anak autis di SLB Harmoni Gedangan Sidoarjo masih terbilang kurang berkembang, metode penelitian bermain peran merupakan suatu cara untuk mengembangkan kempuan anak autis.

tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan metode bermain pranuntuk interaksi sosial pada anak autis tingkat SD di SLB HARMONI Gedangan.

Hasil penelitian menunjukan bahwasanya metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autis. Hal ini terlihat dari kempuan interaksi sosial yang meliputi kemampuan mengawali percakapan dan memberikan tanggapan pada saat interksi sosial berlangsung mengalami peningatan.

Kata kunci: metode bermain peran , interaksi sosial, autis







Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 449