MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBILANG PADA ANAK AUTIS DI SLB

  • DIMAS PRAMITA SARI
  • PAMUJI

Abstract

Abstrak

Anak autis mengalami hambatan dalam interaksi sosial, komunikasi, perilaku, serta kognitif. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan membilang . Dalam proses ini anak autis untuk mengetahui bilangan dan menyebutkan bilangan 1 – 10 SLB Putra Harapan.

Model Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan pre-eksperimen. Desain penelitian menggunakan: one group pre test and pos test dengan menggunakan 6 subjek anak autis di SLB Putra Harapan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode tes.

Analisis data menggunakan P tabel Binomial dengan taraf kesalahan 5 % diperoleh 0,016 ternyata lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.

Hasil penelitian tersebut kemudian dianalisis , sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh yang signifikan pembelajaran kontekstual Terhadap kemampuan membilang Anak Autis di SLB PutraHarapan Bojonegoro

Kata kunci : Kemampuan membilang, Model Pembelajaran kontekstual, Anak autis

Abstract

Children with autism problem in social interaction, communication, behavior, and cognitive. Based on these problems, this study aims to analyze the influence of contextual learning on the ability to count. In this process the autistic child to know the number and mention the number 1 - 10 SLB Putra Harapan.

Learning model used in this research is contextual learning. Type of research used pre-experiment. The study design used: one group pre test and post test using 6 subject of autistic children in SLB Putra Harapan. The method used to collect data is the test method.Data analysis using P Binomial table with 5% error rate obtained 0,016 turns smaller than 0,05.

Thus Ho is rejected and Ha accepted. The results are then analyzed, so it can be concluded that "There is a significant influence of contextual learning on the ability to say the Autism Children in SLB PutraHarapan Bojonegoro

Keywords: Contextual ability, Contextual Learning Model, Autistic Children

Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 117