PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN DENGAN ALAT HITUNG DIGITAL BAGI SISWA AUTIS KELAS III DI SLB

  • SUSI DWIASTITI
  • WAGINO

Abstract

ABSTRAKPENINGKATAN KETERAMPILAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN DENGAN ALAT HITUNG DIGITAL BAGI SISWA AUTIS KELAS III DI SLB HARAPAN BUNDA SURABAYANama : Susi Dwiastiti
NIM : 11010044263
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Luar Biasa
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. Wagino, M.Pd
Anak autis adalah anak yang mempunyai kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang yang kebanyakan diakibatkan oleh faktor hereditas dan mengalami keterlambatan dalam kecerdaan sehingga cenderung menutup diri juga sangat lemah dalam hal keterampilan penjumlahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan keterampilan menghitung penjumlahan pada siswa autis kelas III di SLB Harapan Bunda Surabaya dengan menggunakan media digital untuk menjumlahkan dalam dua digit. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Mc Taggart (Arikunto,2008:74).
Metode penelitian ini adalah pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan untuk penerapan peningkatan kemampuan keterampilan penjumlahan denganmenggunakan alat digital bagi siswa autis kelas III.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis refleksi berdasarkan siklus-siklus. Berdasarkan data hasil penelitian tentang pengaruh penggunaan alat digital dalam peningkatan keterampilan penjumlahan dalam dua digit dapat digunakan.
Kata Kunci: Menghitung, Alat hitung, Digital, Autis
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN DENGAN ALAT HITUNG DIGITAL BAGI SISWA AUTIS KELAS III DI SLB HARAPAN BUNDA SURABAYA


ABSTRACT
THE ENHANCEMENT OF COUNTING ADDITION SKILL BY DIGITAL CALCULATOR FOR AUTISM STUDENTS OF THIRD CLASS IN SLB HARAPAN BUNDA SURABAYA
Name : Susi Dwiastiti
NIM : 11010044263
Study Program : S-1
Department : Special Education
Faculty : Education Science
Institution : Surabaya State University
Counselor : Drs. Wagino, M.Pd
Autism children were individuals who had disorder of nerve system development which was mostly resulted by heredity factor and experienced delay in intelligence so that they tended to withdraw and they were also very week in addition skill. The problem formulation in this research was how to enhance counting addition skill to autism students of class III in SLB Harapan Bunda Surabaya by using digital media to add two digits. This research used class treatment research kind with the research design of Mc taggart’s model (Arikunto, 2008:74).
This research method was collecting observation data and documentation. The data analysis of this research was done for the application of enhancing addition skill by using digital tools for autism children of class III.
The data analysis used in this research was reflection analysis based in cycles. Based on the data of research result about the influence of digital tools usage in enhancing addition skill in two digits could be used.
Keywords: counting, calculator, digital, autism.

Published
2018-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 416