KEGIATAN STORY TELLING BERBASIS BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA SISWA TUNARUNGU KELAS RENDAH SDLB
Abstract
Nama : Falachaini Anitya Putri
NIM : 14010044021
Program studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Luar Biasa
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Hj. Endang Purbaningrum, M. Kes
Individu tunarungu memiliki keterbatasan dalam mendengar, dikarenakan terjadi kerusakan pada organ pendengarannya baik ringan, sedang, maupun berat, akibatnya bahasa yang umumnya diungkapkan secara verbal sulit untuk dipahami oleh individu tunarungu. Untuk mengembangkan kemampuan berbahasa terutama bahasa tulis, dapat dilatih dengan memanfaatkan kemampuan visualnya.
Berdasarkan hambatan tersebut maka diadakan penelitian mengenai “Apakah kegiatan story telling dapat mempengaruhi kemampuan menulis kalimat sederhana siswa tunarungu kelas rendah SDLB Bina Bangsa Sidoarjo?“. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kegiatan story telling terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana siswa tunarungu kelas rendah SDLB Bina Bangsa Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pra eksperimen, dengan menggunakan rancangan penelitian “One Group pretest-posttest design”. Metode pengumpulan data hasil kemampuan menulis kalimat sederhana sebelum dan sesudah diberikan intervensi dan teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil analisis data menunjukkan Zhitung (2,803) > Ztabel (1,96) pada nilai kritis 5% (uji satu sisi). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kegiatan story telling berbasis buku cerita bergambar terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana siswa tunarungu kelas rendah SDLB Bina Bangsa Sidoarjo.
Kata kunci: story telling, buku cerita bergambar, menulis, kalimat sederhana, tunarungu.
PDF Downloads: 90