Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Tunadaksa SDLB

  • WIDIYA NANI
  • ENDANG PUDJIASTUTI SARTINAH

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan siswa tunadaksa akan layanan pendidikan yang menerapkan prinsip dasar, umum, dan khusus. Pendidikan yang diberikan mampu memberikan latihan dan memaksimalkan kemampuan siswa. Model pembelajaran PBL merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat melatih siswa menyelesaikan masalah. Sehingga siswa mampu meningkatkan hasil belajar matematikanya. Oleh karena itu model pembelajaran problem based learning (PBL) digunakan sebagai perlakuan yang diberikan. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar matematika siswa tunadaksa.

Rancangan penelitian berbentuk kuantitatif kualitatif concurrent embedded pre-eksperiment one group pre-test post-test design. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-tes sebesar 35,42 dan nilai rata-rata pos-tes sebesar 64,58 dengan pemberian perlakuan sebanyak 5 kali. Data penelitian kuantitatif dianalisis menggunakan Wilcoxon match pair test dan mendapatkan hasil zhitung(2,20) > ztabel(1,96) dalam taraf signifikansi 0,025. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan hipotesis kerja (Ha) diterima artinya ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa tunadaksa SDLB-D YPAC Surabaya.

Kata kunci: model pembelajaran problem based learning, hasil belajar matematika, siswa tunadaksa

Published
2018-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 765