Peranan Pola Asuh Orang Tua terhadap Pendidikan Seks Anak Tunagrahita Kelas III Sekolah Dasar di SLB

  • NURMAYA
  • ZAINI SUDARTO

Abstract

Pola asuh merupakan bentuk rasa tanggung jawab orang tua terhadap anak yang diwujudkan dalam bentuk perlakuan dan penanganan kepada anak sesuai dengan kebutuhan pada tahap pertumbuhan dan perkembangan anak. Salah satu bentuk pemenuhan kebutuhan yang perlu diberikan orang tua anak tunagrahita ialah pada saat terjadinya perkembangan pada aspek biologis anak. Anak tunagrahita akan mengalami kematangan hormon, kematangan organ reproduksi, serta kematangan seksual. Apabila tidak diberikan pendidikan yang tepat maka akan berdampak pada perilaku seksual anak.

Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan pola asuh orang tua anak tunagrahita di SLB-C AKW II Surabaya, mendeskripsikan perilaku seksual anak tunagrahita dalam menerapkan pendidikan seks di kehidupan sehari-hari, serta mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam pendidikan seks anak tunagrahita kelas III di SLB-C AKW II Surabaya.

Penelitian ini menggunakan metode deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Kesimpulan dari penelitian ini ialah:1) bentuk-bentuk pola asuh yang umum digunakan ialah pola asuh authoritarian (keras), pola asuh permissive (bebas), dan pola asuh authoritative (bijaksana). 2) perkembangan seksualitas anak tunagrahita mengalami perkembangan seperti anak normal pada umumnya. Anak mengalami kematangan hormon maupun organ-organ reproduksi. Namun, perkembangan-perkembangan tersebut tidak diimbangi dengan perkembangan fungsi kecerdasannya, sehingga tidak adanya pengontrol yang mampu membatasi perilaku anak. Maka dari itu anak tunagrahita sering melakukan berbagai macam perilaku seksual yang menyimpang yang hanya dilandasi oleh rasa senang tanpa adanya pemikiran mengenai akibat dari perilakunya tersebut. 3) orang tua belum mampu memberikan pola asuh yang tepat dalam hal pemberian pendidikan seks terhadap anak tunagrahita.

Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Pendidikan Seks, Anak Tuna Grahita.






Published
2018-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 156
PDF Downloads: 182