MODEL EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MAKAN BAGI ANAK TUNANETRA DENGAN HAMBATAN KECERDASAN
Abstract
ABSTRAK
PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MAKAN ANAK TUNANETRA DENGAN HAMBATAN KECERDASAN
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan makan yang masih perlu dikembangkan pada anak tunanetra dengan hambatan kecerdasan. Dalam hal ini yang menyebabkan anak belum menguasai kemampuan makan adalah kurangnya pembiasaan dan juga sikap overprotektif. Dalam penelitian ini kemampuan makan anak tunanetra dengan hambatan kecerdasan ditingkatkan melalui model explicit instruction. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model explicit instruction terhadap kemampuan makan anak tunanetra dengan hambatan kecerdasan di SLB-A YPAB Gebang Surabaya.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dan rancangan one group pre test-post test design. Teknik statistik yang digunakan dalam analisis data adalah wilcoxon. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Zh=2,20 lebih besar dibanding nilai krisis 5% Zt=1,96 yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh model explicit instruction terhadap kemampuan makan anak tunanetra dengan hambatan kecerdasan.
Kata kunci: Model, Explicit instruction, kemampuan makan.
PDF Downloads: 166