KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK MDVI (MULTIPLE DISABILITY WITH VISUAL IMPAIRMENT) DALAM INTERAKSI SOSIAL DI SMPLB

  • NUR FITRIA ALFAATHIR
  • PAMUJI

Abstract

ABSTRAK

KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK MDVI (MULTIPLE DISABILITY WITH VISUAL IMPAIRMENT) DALAM INTERAKSI SOSIAL DI YPAB GEBANG PUTIH SURABAYA

Nama : Nur Fitria Alfaathir

NIM : 14010044095

Jurusan : S1- Pendidikan Luar Biasa

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Drs.Pamuji, M.Kes.

Adanya komunikasi dalam membentuk interaksi sosial dengan orang lain sangatlah penting dimana komunikasi yang ada akan dapat menimbulkan timbal balik dan saling mempengaruhi.

Walaupun begitu tidak semua orang dapat berkomunikasi dengan baik dan mampu berinteraksi sosial dengan baik seperti yang terjadi pada anak MDVI dimana adanya keterbatasan yang dimiliki anak MDVI sehingga komunikasi yang terjadi dalam interaksi sosial menjadi tidak maksimal .

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi anak MDVI dengan teman sebayanya dan juga terhadap gurunya dalam interaksi sosial yang dilakukan di YPAB Gebang Putih Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mengoleksi data, mereduksi data, menyajikan data, lalu setelah itu penarikan kesimpulan dan verifikasi data.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan komunikasi dalam interaksi social dengan teman sebaya dan dengan guru yang dilakukan oleh setiap subyek penelitian berbeda-beda hasilnya dimana komunikasi verbal dan non verbal ternyata tidak begitu berpengaruh besar terhadap interaksi social seseorang. Selain itu adanya hambatan tambahan pada anak MDVI yang ada ternyata dapat berpengaruh dalam komunikasi dan interaksi social setiap subek penelitian.

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Interaksi Sosial, Anak MDVI, Anak Tunanetra






Published
2018-07-31
Section
Articles
Abstract Views: 597
PDF Downloads: 512