IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI SMPLB

  • ABDUL RAHMAN
  • SUJARWANTO

Abstract

Kegiatan pendidikan dii luar jam pelajaran biasa yang bisa dilakukan di sekolah maupun luarr sekolah untuk membantu pengembangan peserta didik sesuaii dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minatt peserta didik melaluii kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan dii sekolah secara berkala dan terprogram. Melalui partisipasii peserta didikktunarungu dalam kegiatan ekstrakurikuler, peserta didikktunarungu dapat belajar dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dengan orang lain, serta menemukan dan mengembangkan potensinya.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan ekstrakurikuler bagi peserta didik tunarungu di SMPLB-B Dharma Wanita Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif self – report (laporan diri). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan langkah-langkah diantarannya kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) kegiatan ekstrakurikuler bagi peserta didik tunarungu bertujuan untuk menambah wawasan, mengembangkan bakat dan minat, meningkatkan kemampuan untuk mandiri dan meningkatkan keterampilan serta kreativitas, 2) fungsi kegiatan ekstrakurikuler bagi peserta didik tunarungu untuk mendukung perkembangan personal, mengembangkan kemampuan dan kreativitas peserta didik tunarungu sesuai dengan potensi, bakat dan minat, memperluas pengalaman sosial, menjadikan suasana kegiatan ekstrakurikuler menjadi lebih menarik dan berperan untuk kesiapan karier peserta didik tunarungu, 3) prinsip - prinsip dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler diperhatikani dan dijalankan agar mendapat hasil maksimal dan sama sekali tidak dapat mengabaikan salah satu dari iprinsip-prinsipi kegiatani ekstrakurikuler, 4) bentuk kegiatan ekstrakurikuler di SMPLB-B Dharma Wanita Sidoarjo berupa krida: pramuka, latihan olah-bakat dan latihan olah-minat: renang, futsal, dan tari, dan keagamaan kegiatan mengaji, 5) mekanisme kegiatan ekstrakurikuler bagi peserta didik tunarungu di SMPLB-B Dharma Wanita Sidoarjo meliputi: pengembangan kegiatan ekstrakurikuler, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, penilaian kegiatan ekstrakurikuler dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler.

Kata Kunci: Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler, Peserta Didik Tunarungu

Published
2018-07-31
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 86