METODE BERCERITA BERMEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK TUNAGRAHITA SLB

  • AYU FATIMATUL AMALAH
  • SITI MAHMUDAH

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH METODE BERCERITA BERMEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB AL-FALAH SEMBAYAT GRESIK

Nama : Ayu Fatimatul Amalah

NIM : 14010044054

Program Studi : S-1

Jurusan : Pendidikan Luar Biasa

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dra. Hj. Siti Mahmudah, M. Kes.

Hasil observasi awal di SLB Al-Falah Sembayat Gresik, anak tunagrahita kelas V dan VI kemampuan berbicaranya masih kurang bila dibandingkan anak usia sebayanya. Dan media pembelajaran yang digunakan masih terbatas terutama untuk bidang studi Bahasa Indonesia aspek kemampuan berbicara.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode bercerita bermedia pop up book terhadap kemampuan berbicara pada anak tunagrahita di SLB Al-Falah Sembayat, Kabupaten Gresik.

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dan rancangan penelitian the one group pre-test and post-test design. Jumlah subjek penelitian sebanyak sepuluh anak, masing-masing enam anak dari kelas V SDLB dan empat anak dari kelas VI SDLB. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik non parametrik, karena jumlah subjek yang sedikit. Rumus yang digunakan adalah uji tanda.

Hasil analisis data diperoleh nilai p tabel sebesar 0,002, sedangkan nilai krisis 5% 0,05 , maka dapat disimpulkan bahwa p tabel < nilai krisis 5%. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh metode bercerita bermedia pop up book terhadap kemampuan berbicara anak tunagrahita di SLB Al-Falah Sembayat Gresik.

Kata kunci : pop up book, kemampuan berbicara, anak tunagrahita

Published
2018-08-07
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 149