KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

  • MEGAWATI
  • IMA KURROTUN AININ

Abstract

Komunikasi Interpersonal merupakan suatu proses komunikasi yang berjalan antara dua orang atau beberapa orang yang bertujuan menemukan diri sendiri, menemukan dunia luar, membentuk dan menjaga hubungan yang penuh arti, merubah sikap dan tingkah laku. Komunikasi dapat terhambat jika penerima pesan tidak dapat mengolah dan menrima pesan dengan baik, dalam penelitian ini adalah anak slow learner, dengan tingkat motivasi yang rendah, anak slow learner tidak dapat menerima pesan dengan baik, sehingga proses belajar mengajar dapat terhambat. Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi interpersonal guru untuk memotivasi siswa slow learner pada saat proses belajar mengajar di SDN Babatan IV Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori pendukung berdasarkan teori Joseph A. DeVito. Karakteristik komunikasi interpersonal menurut DeVito: keterbukaan (openess), empati (emphaty), dukungan (supportiveness), sikap positif (positiveness), dan kesamaan (equal). Setelah peneliti melakukan penelitian, maka diperoleh hasil penelitian bahwa kurangnya kefokusan siswa dan pemahaman siswa ketika guru berkomunikasi atau menyampaikan pesan. Sehingga guru harus mengulang pesan yang telah disampaikan.

Published
2018-08-15
Section
Articles
Abstract Views: 160
PDF Downloads: 193