PENGGUNAAN MODIFIKASI INDEX CARD MATCH TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA

  • FLAVIANA CINDY SETYOWATI
  • ENDANG PUDJIASTUTI SARTINAH

Abstract

Kegiatan bersosialisasi yang ada di SDLB C Siti Hajar Sidoarjo yaitu terciptanya suatu interaksi sosial antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, siswa dengan masyarakat sekitar, kemampuan berinteraksi sosial juga wajib diberikan kepada siswa tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan modifikasi index card macth terhadap interaksi sosial siswa tunagrahita.

Rancangan penelitian menggunakan pre experimental jenis one-group pre-test post-test. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 6 siswa tunagrahita. Rata-rata nilai pre-test 33,92 dan rata-rata nilai post-test 78,96 dengan pemberian treatment/intervensi sebanyak 6 kali di kelas. Simpulan penelitian ini H nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima, Z hitung (Zh) = 2,096 lebih besar daripada Z tabel (Zt) = 1,96 dengan nilai kritis = 5%. Jadi penggunaan modifikasi index card match berpengaruh terhadap interaksi sosial anak tunagrahita.

Kata Kunci : Modifikasi Index Card Match, Interaksi Sosial

Published
2019-05-29
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 64