ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PADA SISWA TUNAGRAHITA SMALB

  • RISCHA HUDZAIMI ZULFAH
  • SITI MAHMUDAH

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya temuan perilaku agresif pada anak tunagrahita ringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh assertive training untuk mengurangi perilaku agresif pada siswa tunagrahita kelas x SMALB di SLB negeri gedangan sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan Single Subject Research (SSR), desain penelitian ini digunakan adalah desain A-B-A. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi untuk data frekuensi dan durasi, sedangkan data kualitas dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline (A1) rata-rata perilaku agresif yang dilakukan siswa selama waktu 40 menit adalah 35, 5 detik dengan rata-rata frekuensi sebesar 14,25 kali dengan kualitas perilaku agresif berat. Pada fase Intervensi (B) rata-rata perilaku agresif yang dilakukan siswa selama waktu 40 menit adalah 9,2 detik dengan rata-rata frekuensi sebesar 5,7 kali dengan kualitas perilaku agresif ringan. Pada fase baseline (A2) rata-rata perilaku agresif yang dilakukan siswa selama waktu 40 menit adalah 15,5 detik dengan rata-rata frekuensi sebesar 7,25 kali dengan kualitas perilaku agresif ringan. Hal ini menunjukkan bahwa stabilitas pada data frekuensi, durasi fase baseline (A1) setelah diberikan intervensi mengalami kecenderungan penurunan perilaku agresif, sedangkan stabilitas pada data frekuensi dan durasi pada fase intervensi ke fase baseline (A2) mengalami peningkatan perilaku agresif kembali namun tidak sebesar seperti kondisi pada fase baseline (A1). Maka dapat disimpulkan bahwa selama fase intervensi ada pengaruh assertive training untuk menurunkan perilaku agresif siswa tunagrahita.

Kata kunci : perilaku agresif, assertive training, siswa tunagrahita ringan

Published
2019-05-29
Section
Articles
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 481