PENGGUNAAN BUSY BOOK MATHEMATIC TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK AUTIS

  • ITAUNINGSIH
  • BUDIYANTO

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak autis yang mengalami hambatan dalam bidang kognitif. Hal ini terlihat pada kemampuan pada anak autis di lokasi penelitian yaitu TK Mentari School Sidoarjo, dalam berhitung anak hanya mampu menyebutkan 1-10 anak tidak mengerti mana angka 1, angka 2, angka 3 sampai 10 sehingga masih perlu ditingkatkan. Melalui busy book mathematics anak autis dirangsang secara aktif untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan dengan menyebutkan angka bila diperlihatkan lambang bilangannya, menunjukkan angka bila diperlihatkan lambang bilangannya, mencocokkan jumlah benda (buah apel) dengan angka 1-10. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan busy book mathematics terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak autis di TK Mentari School Sidoarjo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis pre-eksperimen disign, dan rancangan penelitian one grup pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak autis berjumlah 7 anak yang kemampuan mengenal lambang bilanganya masih perlu dikembangkan. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik non parametrik dengan uji peringkat bertanda wilcoxon. Hasil peneltian ini menujukkan bahwa adannya peningkatan nilai kemampuan mengenal lambang bilangan anak autis pada saat tes awal (pre-test) 29,74 dan 71,41 pada tes akhir (post-test). Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan hasil (jenjang terkecil) = 0 lebih kecil dibandingkan nilai dari (tabel) =2 dengan nilai kritis 5% (untuk pengujian dua sisi/pihak). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima apabila lebih kecil dari α (tabel). Hal ini berarti penggunaan busy book mathematics dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan mengenal.

Kata kunci : mengenal lambang bilangan, busy book mathematics.

Published
2019-05-29
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 73