PENERAPAN METODE PIVOTAL RESPONSE TREATMENT BERBANTUAN PICTURE CUED TERHADAP KEMAMPUAN TOILETING ANAK SPEKTRUM AUTIS

  • TRI OKTA MAYASARI
  • FEBRITA ARDIANINGSIH

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hambatan anak spektrum autis dalam toileting khususnya dalam buang air kecil yang disebabkan hambatan komunikasi, interaksi sosial dan perilaku. Tujuan Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh metode pivotal response treatment berbantuan picture-cued terhadap kemampuan toileting anak spektrum autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian single subject research dan rancangan penelitian A1-B-A2. Subjek penelitian merupakan anak perempuan dengan spektrum autis usia 5 ahun di TK Puri Mutiara Bunda Sidoarjo. Teknik pengumpulan data berupa observasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik garis. Komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pivotal response treatment berbantuan picture-cued efektif terhadap peningkatan kemampuan toileting anak spektrum autis. Hal tersebut dapat ditujukkan dari hasil fase baseline 1 dibandingkan dengan fase baseline 2, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan toileting subjek setelah diberikan intervensi.
Kata Kunci: Pivotal Response Treatment, toileting, autis
Published
2019-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 50